Polisi Bangun Check Point dan Posko Penyekatan Mudik di Kota Tangerang

Posko penyekatan yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jatiuwung, Kota Tangerang. Di posko tersebut, kepolisian bakal menegakkan protokol kesehatan, memeriksa surat izin keluar masuk (SIKM), dan memutarbalikkan kendaraan pemudik yang nekat mudik.

TANGERANG- Polres Metro Tangerang Kota, Banten, menyiapkan check point atau titik pemeriksaan dan posko penyekatan di Kota Tangerang dalam rangka penegakan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota, AKBP Jamal menyatakan, titik pemeriksaan akan didirikan di Jalan MH Thamrin, Pinang, Kota Tangerang. Titik pemeriksaan itu berfungsi untuk penegakan protokol kesehatan dan filterisasi awal kendaraan pemudik. “Itu sebagai pos monitoring dan filterisasi protokol kesehatan masyarakat,” kata Jamal, Rabu (5/5).

Polisi juga akan mendirikan posko penyekatan di Jalan Gatot Subroto, Jatiuwung, Kota Tangerang. Menurut Jamal, kepolisian di posko penyekatan bakal menegakkan protokol kesehatan, memeriksa surat izin keluar masuk (SIKM), dan memutarbalikkan kendaraan pemudik yang nekat mudik. Bila ada pengendara kendaraan yang diidentifikasi sebagai pemudik, kepolisian akan menyuruh mereka berputar arah.

“Yang tidak sesuai ketentuan, pasti akan kami suruh putar balik,” ungkap Jamal. Itu pos penyekatan akan memeriksa seluruh ketentuan (sesuai) Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Lebaran,” ujar dia.

Jamal menegaskan, bila ada mobil pribadi yang membawa penumpang dan memungut bayaran, aparat kepolisian akan menyita kendaraan tersebut. “Langsung kami berikan tilang dan mobil disita sampai tanggal 17 Mei (2021),” katanya.

Jamal menambahkan, setidaknya ada 120 personel Satlantas Poltes Metro Tangerang Kota yang dikerahkan dalam penjagaan titik pemeriksaan dan posko penyekatan tersebut. Di tempat itu ada personel gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Satpol PP Kota Tangerang, dan lainnya. “Nanti akan gabungan dengan jajaran TNI, Dishub, Satpol PP, Polsek juga bantu,” kata dia. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp