International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Polda Metro Kerahkan 3.236 Personel untuk Pengamanan Aksi Demo di Jakarta

Ilustrasi

JAKARTA – Polda Metro Jaya menerjunkan 3.236 personilnya untuk mengamankan aksi demonstrasi. Sekitar 2.215 masa unjuk rasa akan menduduki sejumlah titik di Jakarta, Jumat (28/10).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, tercatat ada enam lokasi yang bakal menjadi titik massa menyampaikan aspirasi.

“Jumlah titik aksi ada enam dengan jumlah massa kurang lebih 2.215 orang,” kata Zulpan saat dihubungi, Jumat (28/10).

Lebih detail Zulpan menjelaskan enam titik lokasi demo tersebut di antaranya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, menjadi lokasi dengan estimasi massa terbanyak. Diperkirakan ada 1.950 massa yang menggelar unjuk rasa di lokasi hari ini.

Salah satu elemen massa melakukan unjuk rasa ialah dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Aliansi BEM SI bakal turun ke jalan mulai pukul 12.30 dengan perkiraan massa mencapai 1.000 orang.

Demonstrasi juga bakal berlangsung di depan gedung Kementerian Kesehatan. Demo akan diikuti perwakilan massa buruh mulai pukul 11.00 WIB.

“Tuntutannya soal usut tuntas kasus meninggal bayi gagal ginjal dan berhentikan industri obat-obatan yang melanggar aturan,” terang Zulpan.

Lokasi demo lainnya bakal terjadi di depan Kementerian ESDM dan Kemenko Marves. Unjuk rasa bakal dilakukan mulai pukul 13.00 WIB. Dua lokasi demo di Jakarta hari ini terjadi di depan Kedubes Jepang dan Kedubes Amerika Serikat. Demo direncanakan digelar mulai pukul 10.00 WIB.

Zulpan mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan terkait aksi unjuk rasa di Jakarta hari ini. Pihak kepolisian meminta warga tidak perlu khawatir dan beraktivitas seperti biasa. “Total ada 3.236 personel pengamanan diturunkan hari ini,” tutur Zulpan. ***

Osmar Siahaan

Komentar