International Media

Senin, 8 Agustus 2022

Senin, 8 Agustus 2022

PKB Siap Cak Imin jadi Cawapres jika Berkoalisi dengan Gerindra

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda.

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga saat ini tidak memiliki figur lain untuk diajukan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, selain Muhaimin Iskandar. Kendati demikian, PKB juga siap jika nantinya Cak Imin –panggilan Muhaimin Iskndar – tak dicalonkan sebagai calon presiden (capres) saat berkoalisi dengan Partai Gerindra.

Demikian disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB, Syaiful Huda.

“Ya kalau koalisi PKB-Gerindra, tentu fatsun politiknya Gerindra secara kursi 78. Artinya, ketika koalisi dibangun tentu juga berbasis pada fatsun politik. PKB 58 kursi,” kata Huda saat dihubungi, Kamis (28/7).

“Jadi kalau Gerindra ngambil kursi capres ya itu wajar. Dan PKB ngambil posisi cawapres sangat wajar. Karena bagian dari fatsun politik,” ujarnya.

Disinggung soal kandidat cawapres, ia mengungkapkan bahwa PKB belum menemukan figur lain selain Muhaimin.  Sekalipun ada Khofifah Indar Parawansa yang juga merupakan kader PKB, menurut Huda, nama Gubernur Jawa Timur itu tidak masuk radar bursa cawapres yang akan dimajukan partainya.

“Enggak tahu. Kalau di kita enggak ada bahasan (cawapres Khofifah),” ucapnya.

Ketua Komisi X itu mengatakan, sejauh ini pihaknya baru sebatas dapat memastikan bahwa koalisi PKB akan terbentuk untuk menghadapi Pemilu 2024. Kekuatan dua partai politik ini, diyakini Huda, sudah memiliki modal yang cukup untuk menyongsong Pemilu 2024, terutama dalam mengusung capres-cawapres.

“Karena semangatnya juga karena dengan cukup lolos presidential threshold 20 persen,” tuturnya. Meski begitu, ia memastikan bahwa PKB tak menutup kesempatan bagi partai lain yang ingin bergabung ke dalam koalisi.

Menurutnya, koalisi antara PKB dan Gerindra akan diumumkan secara resmi sebelum perayaan Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang. Sebelumnya, kesepakatan koalisi PKB dan Partai Gerindra disampaikan 30 Juni 2022. ***

Osmar Siahaan

Komentar

Baca juga