Friday, 24 May 2024

Search

Friday, 24 May 2024

Search

Pihak Pelabuhan Tanjung Priok Diminta Cari Solusi Tangani Kemacetan

Kemacetan di Jalan Raya Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Rabu (15/5).

JAKARTA- Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Jakarta Utara, Kompol Edy Purwanto, meminta pihak Pelabuhan Tanjung Priok bekerja sama dengan pihak terkait untuk menangani kemacetan yang belakangan kerap terjadi di kawasan tersebut. 

Edy mengatakan, kemacetan di sekitar Tanjung Priok disebabkan karena antrean kendaraan yang hendak masuk ke pelabuhan. “Jadi, penyebab utamanya adalah kendaraan masuk ke pelabuhan. Penyelesaian masalah ini dengan cara duduk bersama para stakeholder terkait, seperti Pelindo (BUMN PT Pelabuhan Indonesia),” kata Edy saat dikonfirmasi, Rabu (15/5).

Menurut Edy, pihak pelabuhan juga mestinya mengatur arus lalu lintas kontainer di dalam pelabuhan supaya tidak menumpuk dan menyebabkan kemacetan sampai ke jalan raya. “Di dalam, upaya pelabuhan itu seperti apa dalam mengatasi penumpukan kontainer agar tidak berimbas ke luar,” sambungnya.

Edy mengaku, Satlantas Polres Metro Jakarta Utara sudah sering berkoordinasi dengan pihak pelabuhan untuk mengatasi masalah kemacetan ini. Namun, terkadang ada hal-hal tak terduga sehingga macet kembali terjadi di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

Rabu pagi ini misalnya, kemacetan terjadi karena sistem gate (pintu masuk) otomatis Jakarta International Container Terminal (JICT) di Pelabuhan Tanjung Priok sempat rusak, sehingga kendaraan yang hendak masuk dilayani secara manual.

Kemacetan diperparah dengan adanya lima kapal barang yang baru bersandar di pelabuhan. Akibatnya, terjadi antrean kontainer yang mengular sampai ke luar pelabuhan. “Ada lima kapal barang yang baru bersandar sehingga banyak truk trailer mengantre untuk mengambil barang ke kapal tersebut,” sambung Edy. Edy pun mengimbau pengendara mencari jalur alternatif dan menghindari jalan di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok supaya kemacetan segera terurai. “Kami mengimbau kepada masyarakat yang tidak ada keperluan untuk tidak lewat jalan sekitar Pelabuhan Tanjung Priok dan mencari jalan alternatif,” tambahnya. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media