Piala Thomas Kembali ke Ibu Pertiwi

Jonatan Christie.

AARHUS – Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2020 usai mengalahkan Tiongkok di partai final. Masa penantian selama dua dekade pasukan Merah-Putih di ajang ini (terakhir kali pada tahun 2002) berakhir sudah.

Indonesia mengunci gelar juara itu usai Jonatan Christie memenangi partai ketiga di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10) malam WIB. Jonatan mengalahkan Li Shi Feng 21-14, 18-21, dan 21-14.

Indonesia  pun menang 3-0 setelah memenangi dua partai sebelumnya, yakni Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14 dan 21-16.

Anthony Sinisuka Ginting.

Kemudian, dilanjutkan di partai kedua ketika ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menumpas He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan dua gim langsung, 21-12 dan 21-19.

Dengan demikian Indonesia menggagalkan misi  Tiongkok untuk mempertahankan gelar juara yang direbut pada 2018. Kemenangan ini sekaligus menuntaskan rasa penasaran Indonesia selama hampir 20 tahun lamanya untuk mengangkat trofi Piala Thomas lagi.

Indonesia terakhir kali berjaya di ajang ini pada 2002. Saat itu Taufik Hidayat dkk. mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2 di Guangzhou,Tiongkok. Setelah itu, dominasi Tiongkok sulit dihentikan dengan meraih enam gelar dari delapan edisi terakhir.

Indonesia juga menggagalkan  upaya  Tiongkok  mengawinkan gelar Thomas Cup dengan Uber Cup secara bersamaan.  Tingkok berhasil mengalahkan Jepang, 3-1, pada Minggu (17/10) dinihari WIB di tempat yang sama.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dan dua minggu sebelumnya Tiongkok juga meraih trofi Sudirman Cup usai mengalahkan Jepang (3-1) pada babak final yang berlangsung di Finlandia.   

Hingga saat ini, Indonesia  mengukuhkan diri sebagai negara dengan gelar Piala Thomas terbanyak, yakni 14 trofi disusul  Tiongkok dengan 10 trofi, lalu Malaysia dengan lima trofi, dan Denmark serta Jepang dengan masing-masing satu trofi.

Hanya sayang kali ini Tim Uber Indonesia gagal melangkah ke semifinal usai dikalahkan Thailand, 2-3, di babak perempatfinal.

Ajang serupa kembali akan digelar di Thailand pada 2022. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp