International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

PGN Pamer Teknologi Energi Rendah Emisi di Italia

JAKARTA – Pemerintah mendorong penggunaan energi rendah karbon. Pada 2060 RI diharapkan bisa mencapai net zero emission dalam penggunaan energi.
PT PGN Tbk mendukung upaya tersebut. BUMN produsen gas ini memiliki jurus agar energi yang dihasilkan menjadi energi bersih dan rendah karbon.

Dalam Gastech Exhibition & Conference 2022 di Milan, (5-8/9/22), PGN memperkenalkan beberapa proyek inisiatif energi gas bumi dan LNG yang low carbon. PGN mengintegrasikan infrastruktur pipa dan non pipa untuk meningkatkan utilitasi gas bumi sebagai energi bersih.

“PGN terus menjalankan mandat untuk security supply, memanfaatkan teknologi dan inisiatif produk-produk energi bersih nasional, serta bersinergi dengan beberapa mitra dalam pengembangan produk maupun proyek,” ujar Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Heru Setiawan dalam keterangannya, Minggu (18/9).

Dia menambahkan, saat ini sudah berjalan pengembangan Arun LNG Hub yang dikelola oleh PT Perta Arun Gas (PAG) selaku afiliasi Subholding Gas. Lokasi Arun yang strategis menjadikannya sebagai pusat LNG trading Asia dan destinasi LNG Hub Global seperti China, Australia, Angola, Mesir, dan Amerika Serikat.

PAG berencana membangun 3 unit tangki LNG Storage baru dengan masing-masing kapasitas 180.000 M3 dalam rangka menjadikan Arun sebagai LNG Hub Leader di Asia pada tahun 2030.

“Salah satu strategi yang kami lakukan adalah berpartner dengan mitra dari internasional. Saat ini eksisting ada 4 tangki LNG. Dua untuk domestik dan dua untuk internasional. Dalam memasuki pasar, kami bermitra dengan mitra dari Eropa dan Asia. Ke depan kami berencana untuk meningkatkan lagi jumlah tangki,” jelas Direktur Utama PT Perta Arun Gas Bara Ilmarosa.

Bara menambahkan, Gastech Exhibition& Conference 2022 menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan secara lebih luas mengenai proyek LNG ke depan untuk menjadikan Subholidng Gas sebagai LNG player di dunia.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga