Perpustakaan UK Petra Terima Penghargaan Gemilang Perpusnas 2021

Kepala Perpustakaan UK Petra Dian Wulandari menunjukkan urutan peraih penghargaan.

SURABAYA–Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menjadi satu-satunya Perpustakaan Perguruan Tinggi di Surabaya yang menerima penghargaan dari Perpusnas (Perpustakaan Nasional) Republik Indonesia untuk kategori Kontributor Indonesia OneSearch (IOS).

Penghargaan disampaikan secara daring melalui acara Gemilang Perpusnas 2021 (15/9/21).

Dian Wulandari saat mengikuti Gemilang Perpusnas 2021 secara daring.

       Dian Wulandari Kepala Perpustakaan UK Petra bersyukur dengan penghargaan tersebut. Penyerahan penghargaan bertepatan dengan hari Kunjung Perpustakaan pada 14 September dan Bulan Gemar Membaca. 

       Perpusnas pada 2021 penghargaan bagi perorangan, komunitas, institusi pendidikan, maupun lembaga pemerintah maupun yang memperjuangkan literasi kepada masyarakat. 

       UK Petra mendapatkan penghargaan untuk kategori sebagai 10 besar Kontributor Data Tertinggi Portal Indonesia One Search (IOS).

Arsip yang disimpan perpustakaan UK Petra.

“Meski kami meraih urutan ke-9, tapi kami satu-satunya Perpustakaan Perguruan Tinggi yang meraih penghargaan dari Surabaya,” jelas Dian.

       Dian mengungkapkan Perpustakaan UK Petra turut berbagi pengetahuan hasil riset sivitas UK Petra kepada masyarakat, melibatkan peran komunikasi ilmiah untuk digunakan. Berdasarkan data, UK Petra telah berbagi 186.144 judul koleksi untuk bisa diakses masyarakat. UK Petra sendiri telah bergabung dengan Indonesia One Search (IOS) sejak tahun 2015. 

Salah satu mahasiswi membaca di Perpustakaan UK Petra.

       Indonesia OneSearch disingkat IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, hingga arsip di seluruh Indonesia. Portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar.

       Data koleksi UK Petra bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat umum di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia, terang Dian. vivi

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp