International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

Peringati Waisak, Walubi Jatim Gelar Penghormatan dan Doa Bersama di Taman Makam Pahlawan

Jajaran DPD Walubi Jatim berfoto bersama.

SURABAYA–Rangkaian peringatan Hari Waisak 2566BE/tahun 2022 dengan tema ‘Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati’, seluruh DPD Walubi (Dewan Pimpinan Daerah Perwakilan Umat Buddha Indonesia) di masing-masing provinsi di tanah air, serentak melaksanakan penghormatan dan doa bersama di monumen TMP (Taman Makam Pahlawan). 

Upacara penghormatan kepada para pahlawan.

       DPD Walubi Jatim juga melaksanakan kegiatan tersebut di Taman Makam Pahlawan Sepuluh Nopember Surabaya, pada 8 Mei 2022. Diikuti umat Buddha dari beberapa majelis yang ada di Jawa Timur.

       Kegiatan diawali dengan tabur bunga, mengheningkan cipta, dan memberikan sembako kepada petugas TMP. 

       Satimin selaku Pembimas Agama Buddha Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur menyampaikan dalam memperingati Hari Waisak hendaknya seluruh umat Buddha di Jawa Timur bersatu tanpa membedakan aliran dan organisasi. 

Prosesi mengheningkan cipta

       “Dapat hidup rukun berdampingan dengan umat beragama lain,” pinta Satimin.

       Sementara itu, Gito Sugiarto selaku Ketua DPD Walubi Jatim mengatakan setiap tahun kegiatan ini rutin diadakan menjelang Hari Tri Suci Waisak. 

       Tujuannya agar semua umat mulai Wali Agama yakni para Bhikkhu, Pandita Buddha, Romo, jajaran pengurus Walubi dan anggota Majelis selalu mengingat jasa para pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Pelaksanaan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan.

       “Kita mengisi kemerdekaan dengan berbuat kebajikan, menjaga harmonisasi antar umat beragama, ikut aktif dalam kegiatan abdi agama dan abdi negara,” ujar Gito Sugiarto dalam sambutannya. vivi

Sukris Priatmo

Komentar