Peringati HUT ke-65 Puspenerbal dan HUT Kota Surabaya, Rotary Club Surabaya dan Matahari Sakti Gelar Donor Darah Plasma Konvalesen

Tokoh yang hadir berfoto bersama seusai pembukaan acara baksos.

SURABAYA—Memperingati HUT (hari ulang tahun) ke-65 Puspenerbal (Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut) dan HUT Kota Surabaya, Rabu (10/3) lalu, Puspenerbal, Rotary Club Surabaya, PT Matahari Sakti dan Palang Merah Surabaya mengadakan Gerakan Donor Darah Donor Plasma Konvalesen di Gedung Wispa Lanuda Juanda Surabaya.

Hadir dalam baksos tersebut Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin, Ketua Kehormatan Palang Merah Surabaya Totok Sudarto dan Ketua Rotary Club Jembatan Surabaya Jeffry Kusuma.

Pada hari itu, para calon pendonor yang datang mendaftarkan diri dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker dan menjaga jarak.

Sebanyak 169 calon pendonor mendaftarkan diri dalam kegiatan tersebut. Namun hanya 106 orang yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darah. Dan 63 orang lainnya tidak memenuhi syarat.

Seusai mendonorkan darah, setiap pendonor memperoleh satu buah es krim  dan paket sembako berisikan 1 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 1 kaleng susu kental manis dan 5 bungkus mie instan.

Sedangkan tiga orang pendonor mendaftarkan diri untuk donor plasma konvalesen, semuanya memenuhi syarat.

Para penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma tersebut memperoleh paket yang terdiri dari sehelai kain batik, 2 kg  beras, 2 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, 2 bungkus biskuit, 2 bungkus teh bungkus, 1 kaleng susu kental manis, 1 botol sambal, 1 botol kecap manis dan 5 bungkus mie instan.

Totok Sudarto menyerahkan paket khusus ke Laksamana Muda TNI Edwin.

Paket hadiah bagi para pendonor ini disponsori oleh Puspita Dewi Prijadi dari PT Matahari Sakti.

Ketua Kehormatan Palang Merah Surabaya sekaligus Ketua Panitia Donor Darah Totok Sudarto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam acara ini dan juga atas perhatian yang diberikan kepedulian Puspa Dewi Prijadi.

Kegiatan donor darah terutama untuk memenuhi kekurangan  plasma di Palang Merah Indonesia.

Selain itu, plasma konvalesen dapat digunakan sebagai salah satu metode pengobatan bagi pasien terinfeksi Covid-19.

Pengurus Rotary Club Surabaya secara simbolis menyerahkan paket ke salah seorang anggota TNI.

Karena itu plasma konvalesen dari pasien penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat juga dibutuhkan untuk membantu pasien Covid-19. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp