Monday, 26 February 2024

Search

Monday, 26 February 2024

Search

Perhimpunan INTI Gelar Dialog Kebangsaan Bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Teddy Sugianto, didampingi jajaran pengurus dan tokoh memberikan plakat ke Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Bahas Kemudahan Investasi dan Kepastian Ibu Kota Nusantara

JAKARTA—Pengurus Pusat Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) menggelar Dialog Kebangsaan bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM (Badan Kordinasi Penanaman Modal) Bahlil Lahadalia.

Dialog dengan tema “Kemudahan Investasi di Indonesia dan Kepastian Hukum Ibu Kota Nusantara pasca Pemilu 2024” tersebut dilangsungkan pada Kamis (16/3) sore di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Ketua Umum Perhimpunan INTI Teddy Sugianto dalam sambutannya menyampaikan, INTI sebagai organisasi kebangsaan tetap setia berada di samping Presiden Joko Widodo untuk ikut membantu pemulihan serta kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi. INTI juga siap mendukung proses pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Nusantara yang baru.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat memaparkan materi dialog.

“INTI siap menjadi mitra kerja Kementerian Investasi mendatangkan investor dari berbagai negara, untuk mendorong tercapainya target realisasi investasi 2023 sebesar Rp 1.400 triliun,” tegas Teddy.

Salah satunya dengan mengadakan event Indonesia-China Smart City Expo pada 24-26 Mei 2023 nanti di Shangri-La Hotel Jakarta yang akan dihadiri berbagai investor dan perusahaan raksasa teknologi dari Tiongkok.

Sementara Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia menyampaikan tahun 2015-2023 adalah tahun tidak menentu. Banyak faktor mempengaruhi dan yang pasti resesi ekonomi akan terjadi di dunia. Di Amerika sudah 3 bank colaps dan Inggris mengalami krisis.

Prosesi peluncuran Indonesia-China Smart City Expo 2023.

“Kalau ditanya tadi, apa jaminan pemerintah untuk masuknya investasi. Kalau dulu susah izin, saya akan jamin perizinan mudah. Izinnya simpel, mau urus IUP, Amdal, izin Lokasi semua terintegrasi sesuai UU Cipta Kerja,” jelasnya.

Bahlil juga menegaskan bahwa siapapun presiden yang terpilih nanti pada Pemilu 2024, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus diteruskan karena sudah ada Undang Undang dan Peraturan Pemerintah yang mengatur.

HM Anda Hakim menyalami Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.
Robert Njo (kanan) dan Lie Sarpin.

“Saya baru dari sana mendampingi Presiden, pembangunan infrastruktur cepat sekali. Silahkan mau bikin gedung tanah masih murah. Sertifikat HGU di atas HGL, dengan masa pemakaian di atas 100 tahun. Siapapun Presiden yang akan datang, IKN sudah diatur dalam UU harus dijalankan,” ujar Bahlil.

Acara ditutup dengan peluncuran event Indonesia-China Smart City Expo pada 24-26 Mei 2023 yang akan diselenggarakan oleh Perhimpunan INTI bekerjasama dengan KIKT (Kadin Indonesia Komite Tiongkok) dan CAIH (China Asean Information Harbour).

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh oleh Menteri Bahlil didampingi Ketua Umum INTI Teddy Sugianto beserta jajaran pengurus dan tokoh, antara lain Pui Sudarto, Robert Njo, HM Anda Hakim, Edi Yansah, Muljawan Jahja, Lie Sarpin dan dr Metta Agustina. ***

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media