Pepaya Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

JAKARTA(IM) – Pepaya , buah berwarna merah ini sangat sarat akan vitamin C.Biasanya pepaya dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.
Buah yang kaya akan antioksidan ini sangat mudah di temui di negara tropis, seperti Indonesia. Dagingnya bewarna oranye kemerahan, teksturnya lembut dan rasanya pun manis membuat buah ini sangat digemari,
Pepaya tak hanya sehat dikonsumsi, buah tropis ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan dan rambut. Mulai dari komedo hingga menyuburkan rambut.
Dilansir dari laman Times of India, berikut ini manfaat pepaya untuk perawatan kulit Anda.

  1. Menutrisi Kulit
    Mengandung enzim Vitamin A dan Papain, pepaya membantu mengangkat sel kulit mati dan protein yang tidak aktif, sehingga dapat meremajakan kulit Anda. Selain itu, buah ini juga membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.
    Jika Anda ingin kulit bercahaya, gunakan masker madu pepaya. Hancurkan setengah buah pepaya dan campur dengan tiga sendok madu untuk membuat pasta halus.Oleskan dengan lembut di wajah dan leher Anda. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.
  2. Mengurangi Noda
    Pepaya juga bisa mengurangi Noda, baik flek atau bekas jerawat. Oleskan pasta pepaya mentah yang telah ditumbuk halus pada wajah Anda, dan biarkan selama setengah jam. Racikan ini akan membantu Anda menghilangkan noda yang tidak diinginkan pada kulit.
  3. Mengobati Kulit Retak
    Selain wajah, buah pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati tumit yang perih dan pecah-pecah atau retak. Yakni akibat kering dan cuaca.
  4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
    Menurut penelitian, nutrisi dalam pepaya membantu mencegah kebotakan. Mengonsumsi buah pepaya minimal tiga kali seminggu, bisa membantu mengurangi penipisan rambut.
  5. Mengurangi Ketombe
    Masker rambut yang mengandung pepaya dapat membantu merawat kulit kepala yang kering dan bersisik.
    Buang biji pepaya mentah dan haluskan buah dengan setengah cangkir yogurt. Biarkan pasta di rambut Anda selama sekitar 30 menit lalu bilas.***
Frans Gultom

Frans Gultom

Tulis Komentar

WhatsApp