International Media

Selasa, 4 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022

Pengusaha Kaya Dato’ Sri Dr. Tahir, MBA Sumbang 500.000 Dolar Singapura, Gratiskan 788 Keluarga Baca E-Paper Koran Tionghoa

Pengusaha kaya Indonesia Dato’sri Dr. Tahir, MBA (kesatu dari kanan), Pemimpin Umum SPH Media Group Li Huiling (kedua dari kiri) dan Direktur Eksekutif CDAC Bu Qingzhong (kesatu dari kiri) menyerahkan tablet kepada Zheng Guowei (kedua dari kanan) dan keluarga . (Foto oleh Long Guoxiong).

Founder Mayapada Group Indonesia Dato’ Sri Dr. Tahir, MBA berharap lebih banyak orang menerima berita dan informasi lewat sumbangan tablet dan paket berlangganan e-paper. Sebanyak 788 keluarga penerima manfaat Chinese Development Assistance Council (CDAC) akan menerima paket e-paper tablet surat kabar bahasa Tionghoa “Lianhe Zaobao” dan “Shin Min Daily News” gratis selama 30 bulan serta satu unit tablet Samsung.

Penulis Lin Huimin

[email protected]

Untuk membantu anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah belajar bahasa Mandarin dan memperoleh informasi berita yang dapat dipercaya, pengusaha kaya dan filantrofi Indonesia Dato’ Sri Dr. Tahir, MBA menyumbangkan 500.000 dolar Singapura kepada 788 keluarga untuk memberikan paket e-paper tablet koran bahasa Tionghoa SPH Media Group.

Zheng Guowei (56 tahun, pebisnis dekorasi) dan sang istri asal Filipina Sina (36 tahun, ibu rumah tangga) memiliki dua orang anak Zheng Jiajia (7 tahun) dan Zheng Jiasheng (6 tahun).

          Zheng Guowei saat diwawancarai mengatakan sebelumnya, kedua anaknya menghadapi beberapa kesulitan saat belajar bahasa Tionghoa, dan kemajuan mereka sedikit di belakang siswa lain. Namun dia membaca koran berbahasa Tionghoa setiap hari, dan anak-anak kadang-kadang mendekatinya dan secara bertahap mempelajari beberapa kata.

Dia berpendapat media elektronik lebih menarik bagi anak-anak, dan membaca koran melalui komputer tablet dapat membantu meningkatkan minat mereka terhadap bahasa Mandarin. Sehingga meningkatkan level bahasa Mandarin mereka.

“Dengan adanya tablet dan e-paper Koran bahasa Tionghoa ini, mereka dapat membaca lebih banyak, mempelajari lebih banyak kata, dan lebih tertarik untuk belajar.”

Selain membaca koran di tablet, Zheng Guowei juga berencana mengunduh beberapa aplikasi pembelajaran bahasa Mandarin untuk anak-anak. Agar mereka dapat bersentuhan  dengan bahasa Tionghoa lewat games.

Dia juga mengatakan dia dulu selalu membeli koran bahasa Mandarin setiap hari, setelah menerima paket tablet dan e-paper maka dia bisa menghemat sejumlah pengeluaran.

Sebanyak 788 keluarga penerima manfaat Chinese Development Assistance Council (CDAC) akan menerima paket e-paper tablet “Lianhe Zaobao” dan “Shin Min Daily News” gratis selama 30 bulan serta satu unit tablet Samsung.

Pemimpin Umum SPH Media Group Li Huiling saat diwawancarai mengatakan, banyak keluarga berpenghasilan rendah ingin membaca surat kabar, tetapi membeli surat kabar merupakan beban keuangan yang besar bagi mereka.

Ketika SPH Media Group meluncurkan paket berlangganan e-paper, maka diharapkan seseorang akan membantu mereka dengan memberikan paket ini kepada keluarga tersebut.

“Setelah adanya tablet di rumah mereka, maka mereka tidak hanya akan memperoleh  informasi yang benar melalui e-paper. Juga akan memiliki satu unit tablet tambahan untuk digunakan. Saat ini kita semua menekankan digitalisasi, langkah ini juga memungkinkan para keluarga ini untuk terlibat.”

Dia juga mengatakan, jika anak-anak tumbuh di lingkungan membaca koran, itu juga dapat meningkatkan peluang mereka untuk bersenmtuhan dengan bahasa Mandarin.

Founder Mayapada Group Indonesia Dato’ Sri Dr. Tahir, MBA mengatakan bahwa dia telah mendapat banyak manfaat dari membaca koran bahasa Mandarin setiap hari. Oleh karena itu, dia berharap agar lebih banyak orang menerima informasi berita lewat sumbangan tablet dan paket berlangganan e-paper.

Direktur Eksekutif CDAC Bu Qingzhong juga percaya bahwa paket e-paper tablet surat kabar bahasa Tionghoa tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak dari keluarga penerima manfaat, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran.

(Semula diterbitkan di Lianhe Zaobao Singapura, tanggla 6 Mei 2022 halaman 07). idn/din

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga