Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Lembata – NTT Resmi Dilantik

Pengurus PC Perhimpunan INTI Lembata berfoto bersama.

LEMBATA—Pengurus Cabang Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) Lembata, Provinsi NTT, masa bakti 2021 – 2024, Sabtu (20/3) resmi dilantik.

Ketum Perhimpunan INTI Teddy Sugianto dan jajaran  menyaksikan pelantikan Pengurus PC Perhimpunan INTI Lembata.

Prosesi pelantikan dilangsungkan virtual di Puti Mutiara, Lewoleba.  Hadir dan menyaksikan melalui aplikasi zoom Ketua Umum Perhimpunan INTI Teddy Sugianto dan jajaran pengurus pusat Perhimpunan INTI serta pengurus dan anggota INTI dari berbagai daerah di Indonesia.

          Ketua Pengurus Daerah (PD) Perhimpunan INTI Provinsi NTT Theodorus Widodo melantik Adriani Sunur menjadi Ketua Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Lembata dan segenap pengurus lainnya.

Tokoh dan pengurus Perhimpunan INTI dari berbagai daerah di Indonesia menyaksikan pelantikan Pengurus PC Perhimpunan INTI Lembata.

          Ketua Umum Perhimpunan INTI Teddy Sugianto dalam kata sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Kabupaten Lembata masa bakti 2021-2025 yang resmi dilantik.

          “Apresiasi tertinggi kami berikan kepada Ketua PD INTI NTT pak Theo dan Sekretaris pak David yang baru terbentuk belum 1 tahun tapi terus berkarya mengharumkan nama INTI di NTT melalui berbagai karya kemanusiaan dan kegiatan kebangsaan. Salah satunya dengan melahirkan Pengurus Cabang INTI di Kabupaten Lembata,” ujar Teddy Sugianto.

          Teddy melanjutkan, ketika pandemi virus korona melanda Indonesia, Perhimpunan INTI sesuai dengan visi misi organisasi yang menjunjung tinggi Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, selalu berusaha menjadi yang terdepan dengan semangat gotong royong kebangsaan membantu pemerintah menangani pandemi, begitu juga ketika terjadi bencana alam di berbagai daerah. INTI membantu dengan tulus tanpa membedakan.

Prosesi pelantikan PC Perhimpunan INTI Lembata.

          Menurutnya nilai-nilai itulah yang menjadi pegangan teguh INTI NTT sehingga menjadi dasar terbentuknya Pengurus Cabang INTI Lembata. Berawal dari semangat dan kepedulian membantu korban bencana bencana erupsi gunung di Lembata sehingga akhirnya terbentuk pengurus cabang.

          “Harapan kami nilai-nilai ini dapat terus dijaga oleh para pengurus INTI Lembata dalam setiap kegiatan. Bersinergi dengan pemerintah, TNI-Polri dan segenap lapisan masyarakat untuk memberi warna dan dampak bagi kemajuan Kabupaten Lembata,” tambah Teddy Sugianto.

          Dia berharap kehadiran INTI di Lembata membawa kemajuan serta mendukung program pemerintah dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan.

Berdayakan Kaum Perempuan 

Selepas pelantikan pengurus, Adriani mengatakan Pengurus INTI Kabupaten Lembata akan menyusun program kerja dan kelompok kerja di tengah masyarakat.

          Perempuan yang memimpin Perhimpunan INTI Kabupaten Lembata ini sudah bertekad untuk memberdayakan kaum perempuan lainnya yang ada di Lembata.

Dua kelompok perempuan akan jadi sasaran pemberdayaan dimaksud yakni kelompok perempuan penenun dan kelompok perempuan yang membuat jagung titi.

          Khusus yang terakhir dia menargetkan ibu-ibu yang biasa berjualan jagung titi di pintu masuk menuju Pasar TPI Lewoleba.

Dia berencana kedua kelompok perempuan ini yang akan menyediakan oleh-oleh khas Lembata yang selama ini belum tersedia secara baik seperti di kota lainnya.

          “Ini tidak ada urusannya dengan politik sama sekali. Kami hanya mau memberdayakan masyarakat saja. Kami bekerja langsung ke masyarakat kecil. Intinya kami mau membangun masyarakat Lembata,” ujarnya.

          Perhimpunan INTI bukanlah sebuah kelompok yang sama sekali eksklusif beretnis Tionghoa. Justru, ditekankan, dalam kepengurusan, juga melibatkan kelompok etnis dan agama lainnya pula. Hal ini tampak jelas dalam kepengurusan INTI Kabupaten Lembata.

          “Kami mau kerja berdasarkan gotong royong, saling membantu. Kerja jujur, kerja tulus dan kerja keras. Payungnya itu kebersamaan untuk wujudkan kerja kerja itu. Berdasarkan, kekeluargaan kerendahan hati pasti bisa,” ujar Adriani.

          Dia bersyukur atas dukungan yang luar biasa dari Pengurus Daerah INTI Provinsi NTT dan pengurus dari kota lain di seluruh Indonesia.

Susunan Pengurus Cabang Perhimpunan INTI Lembata (2021-2025):

Dewan Penasihat : Sonny The Nalley dan Muhidin Ishak

Ketua : Adriani Sunur

Wakil Ketua : Stanislaus Suban

Sekretaris I : Michael Satria Wulan Betekeneng

Sekretaris II : Richardus Y.K. Jaya

Bendahara I : Tada Yacintha

Bendahara II : Didin R.V.R. Henukh

Bidang Pendidikan, Hukum dan

Perundang-undangan : Saveriana M.D. Nita

Bidang Ekonomi, Bisnis, Koperasi

dan UKM : Martinus Melmambessy

Bidang Kesehatan, Humas dan

Publikasi : Maria G. Kotan dan

Ita Sunnur

Bidang Pariwisata, Seni, Budaya

Olahraga dan Ketrampilan : Maria Fatima Betekeneng dan Jeffry The Nalley. ***

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp