Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Pengurus Bersama Umat Kelenteng Hian Thian Siang Tee  Dan Hok Tek Bio Welahan Adakan Sembahyang  Ci-Sin (Cie-Ang)

Umat dan pengurus Kelenteng sembahyang bersama Sambut Kongco (Dewa) turun di Kelenteng Hok Tek Bio.

WELAHAN–Kelenteng Hian Thian Siang Tee  dan Kelenteng Hok Tek Bio yang berada di Desa Welahan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara  merupakan kelenteng tua yang terletak berdekatan dengan Pasar Welahan.

Pada Selasa (24/1)  malam, yaitu 4 hari setelah Sincia, pengurus beserta umat Kelenteng Welahan mengadakan Tradisi sembahyang  Ci-Sin (Cie Ang) yaitu Ritual Menyambut Kongco (Dewa) turun.

Suasana ritual Cie – Ang (sambut Kongco  dan Makco/Dewa dan Dewi  turun) di Kelenteng Hian Thian Siang Tee.

Mula – mula umat  sembahyang bersama (berdoa bersama), dipimpin oleh sesepuh ritual Sie Ping Djan di dalam ruang  altar utama  Kelenteng Hok Tek Bio.

Sesepuh ritual Sie Ping Djan mengucapkan doa dan mantra  sambil diikuti para pejimsin yang hadir dengan hio swa sebanyak  3 batang  yang telah dinyalakan dan diapit dua tangan  di depan dada.

Bau asap wangi hio swa semerbak naik ke atas memenuhi ruang altar utama, menyambut dewa  turun dari langit  menempati Kimsin – kimsin (Rupang Suci Dewa)  yang  pada  Kamis (12/1) dan Jumat (13/1) lalu, sebelum datangnya  Sincia, telah dibersihkan segala perabotan dan perlengkapan serta Kimsin – kimsinnya Dewanya disucikan, juga berbagai alat persembahyangan  di Kelenteng Hok Tek Bio .

Usai Sembahyang Cie -Ang (Sambut Kongco turun)  di Hok Tek Bio, kegiatan dilanjutkan dengan Sembahyang Cie Ang di Kelenteng Hian Thian Siang Tee.

Suasana ritual Cie – Ang di depan Kelenteng Hok Tek Bio.

Kemudian diadakan pula pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Waroto dari Kenceng Welahan.

Pengurus Kelenteng Welahan  Tee Sek Poen didampingi Dicky Soegandi Tee  mengatakan, setelah Sincia pada tanggal 4 bulan 1 penanggalan Imlek, pengurus beserta umat selalu melaksanakan tradisi sembahyang Ci-Sin  (Cie – Ang) yaitu ritual menyambut Kongco  (Dewa) Turun. 

Harapannya di Tahun Baru Imlek 2574 yang merupakan  Tahun Kelinci Air ini,  semua umat bisa mendapatkan keselamatan, keberkahan, kelancaran usahanya dan tambah makmur  kehidupannya. tri

Sukris Priatmo

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media