International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Pengganti Tilang Manual, Ditlantas Polda Metro Jaya Luncurkan 10 Unit Kendaraan ETLE Mobile

JAKARTA(IM)-Menindaklanjuti instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait larangan tilang manual, Polda Metro Jaya meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile untuk melengkapi jalan yang tidak tercover ETLE statis.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan 10 unit kendaraan ETLE mobile untuk menindak para pelanggar lalu lintas.

“ETLE Mobile ini sedang kami buat, mungkin nanti 6 Desember 2022 sudah jadi ada 10 unit yang akan kita kasih ke satu wilayah,” kata Latif kepada wartawan, Jumat (28/10).

“Di Polda Metro Jaya juga kita siapkan, sehingga seluruh jalan yang ada di Jakarta ini sudah tercover oleh ETLE Mobile, kecuali 57 ETLE statis. Jadi jalan-jalan yang belum dicover ETLE statis dicover oleh ETLE mobile,” jelasnya.

Latif menyebut, kendaraan ETLE mobile tersebut nantinya akan mengcapture beberapa pelanggaran-pelanggaran yang sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI).

“Kendaraan ini mampu berkecepatan 05 – 40 Km/jam dapat mengcapture pelanggaran, karena ETLE Mobile ini sudah dilengkapi dengan AI,” ujarnya.

“Jadi pelanggaran yang sudah dilenggapi AI, tidak menggunakan helm, sabuk pengaman penggunakan hp, melawan arus, rambu lalu lintas, bonceng 3 dan ganjil genap (akan ditilang) ,” papar Latif.

Menurutnya, dengan adanya ETLE mobile ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara dan bukan untuk ingin banyak menilang masyarakat.

“Justru ini kita berikan informasi ke masyarakat, edukasi masyarakat, bukan dengan adanya ETLE statis, ETLE mobile kami ingin banyak menilang itu tidak, tapi mari kita beraktifitas, produktifitas tanpa mengganggu keselamatan orang lain dan diri sendiri,” tutur Latif.

“Sehingga seluruhnya sudah terawasi, kalau sudah terawasi, untuk sementara mungkin mereka serasa terpaksa, tapi nantinya kita harapkan ada timbul kesadaran, kalau masih manual mereka akan kucing-kucingan terus. Tapi dengan adanya ini setiap saat 1×24 jam jalur di seluruh Jakarta sudah kita awasi,” ungkapnya.

Saat ini, kata Latif, Polda Metro Jaya menghadirkan 10 unit kendaraan ETLE mobile, dan tak menutup kemungkinan untuk patroli sepeda motor, petugas Polantas juga akan dibekali dengan kamera.

“Kalau kita menggunakan ETLE Mobile (roda empat), kalau saya menggunakan seperti di Jawa Timur, sudah ada alatnya. Nanti yang itu (patroli motor) adalah anggota kita lengkapi dengan kamera,” pungkasnya. 

Frans Gultom

Komentar