Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol JORR Alami Penurunan Kemampuan Berpikir

Mobil Mercy ringsek usai tabrakan beruntung di Tol JORR. (Foto Istimewa).

JAKARTA – Pengemudi mobil Mercedes-Benz (Mercy) yang melawan arah yang mengakibatkan terjadi tabrak beruntun di Jakarta Outer Ring Road (JORR) MSD (66), ternyata mengidap penyakit demensia atau penurunan fungsi otak untuk berfikir.

“Sementara dugaan info awal yang bersangkutan dalam kondisi ‘demensia’ atau menurunnya kondisi kemampuan berpikir,” ujar Kepala Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, saat dihubungi  wartawan, Minggu (28/11).

Argo mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum menetapkan MSD sebagai tersangka. Pihak kepolisian masih menunggu MSD kembali dalam keadaan normal untuk menentukan status hukumnya.

 “Cuma pada saat kejadian yang bersangkutan tidak dalam keadaan wajar atau normal. Namun lebih pastinya nanti akan kita minta pendapat dari saksi ahli,”  kata Argo.

Pemeriksaan tes urine menunjukkan MSD tidak dalam pengaruh narkoba. Namun, MSD dinyatakan mengalami penyakit demensia atau penurunan kemampuan berpikir.

“Sudah-sudah (test urine), enggak ada pengaruh obat, narkoba atau apa,” kata Argo.

`Berdasarkan keterangan awal, MSD saat terjadi kecelakaan dalam kondisi demensia.. Saat ditanya perihal identitas pribadi dia tidak bisa menjawab.

“Ditanyain identitasnya bingung, rumahnya di mana, namanya siapa. Kenapa pak begini, diem, malah kaya orang linglung. Nah terus pihak keluarga dateng, terus minta izin mau dibawa ke dokter,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut pihaknya juga mengaku kebingungan. Sebab MSD tidak mengingat apapun tentang dirinya dan tempat tinggalnya.

“Saya kemarin juga bingung, enggak inget apa-apa. Mungkin kan bisa jadi seperti itu. Perasaan saya jalannya jalan bener pak. Kadang kalau orang begitu kan misalnya di jalan muter-muter komplek enggak pulang ke rumah. Ternyata dia lupa pulang ke rumah, kan mungkin pernah denger cerita itu,” ujar Argo mengulang keterangan MSD.

 Hanya Argo memastikan, meski demensia bukan berarti MSD tidak waras. Demensia bisa muncul saat kondisi kelelahan.

“Kalau saya baca-baca di artikel, tapi kan yang harusnya menceritakan dari dokter ya sebagai ahli. Cuma kadang-kadang muncul dia, tiba-tiba lupa. Kan ditanya namanya siapa enggak tahu, kenapa kok muter, dia juga lupa kejadiannya,” jelasnya.

Sebelumnya, terlihat mobil Mercy warna hitam dengan nomor polisi B 1125 KAD nekat melawan arus saat berada di JORR, Sabtu (27/11/2021). Mobil itu terus bejalan arus di Tol Cikunir KM 53+600. Mobil terus melanju di antara mobil-mobil yang mengarah kepadanya. Hingga akhirnya bertabrakan dengan Toyota Innova dan Honda Mobilio.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp