Pengamanan Super Ketat, Panser Anoa Disiagakan di Gereja Katedral Jakarta

Perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral Jaga dijaga ketat pihak kepolisian dan TNI.

JAKARTA – Teror bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar beberapa waktu lalu, membuat apparat keamanan menjaga ketat gereja di Jakarta maupun di daerah lainnya saat umat kriten marayakan Jumat Agung.

Di Gereja Katolik Katedral, Jakarta, terlihat sejumlah personil kepolisian dan TNI sudah berjaga sejak pukul 06.00 WIB.

Beberapa mobil kepolisian tampak berpatroli di sekitar Gereja Katedral Jakarta, selain itu ada pula dua kendaraan Anoa 6×6 di sisi Gereja Katedral yang berhadapan dengan Masjid Istiqlal Jakarta.

Dari informasi yang didapatkan dari pihak pengelola Gereja Katedral Jakarta, diketahui dalam peringatan wafatnya Isa Almasih atau Jumat Agung, Jumat, akan ada dua kali kegiatan ibadah misa yakni Pukul 15.00 WIB dan Pukul 18.00 WIB.

Pada Ibadat I (Tatap Muka) Pukul 15.00 WIB ibadah akan dipimpin oleh Uskup Ignatius Kardinal Suharyo, Romo Albertus Ary Dianto, Pr, dan Romo Bernadus C. Triyudo Prastowo, SJ.

Sedangkan pada Ibadat Il (Tutup Muka) Pukul 18.00 WIB ibadah akan dipimpin oleh Romo Albertus Hani Rudi Hartoko SJ, Romo Yusup Edi Muljono SJ, dan Romo Joannes Maryana SJ.

 Berdasarkan pantauan di Gereja Kateral Jakarta, semua barang bawaan, sepertri tas, milik jemaat yang mengikuti ibadah Jumat Agung di Gerea Katedral Jakarta, diperiksa polisi menggunakan alat X-Ray. Sedangkan jemaatnya diperiksa menggunakan metal detector.

“Titik pengamanan Gereja Katedral Jakarta kurang lebih ada enam titik,” ujar Maulana Mukarom, Jumat (2/4) pagi kepada awak media di depan pintu IV Gereja Katolik Katedral Jakarta, Jakarta Pusat.

Ia menyebutkan titik-titik pengaman Gereja tersebut ada di lingkungan sekitar Gereja Katedral Jakarta maupun Masjid Istiqlal Jakarta.

“Tiga titik ada di samping katedral, satu titik pengamanan di basemen Masjid Istiqlal, dan dua titik di Pintu Masuk Al-Fatah dan Pintu IV Gereja Katedral Jakarta,” tambah Maulana Mukarom.

Sebelumnya, pada Kamis (1/4) malam Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrachman didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran meninjau ibadah dan pengamanan di Gereja Santa Theresia di Menteng dan Gereja Katolik Katedral Jakarta menjamin keamanan umat Kristiani yang akan menjalankan ibadah Jumat Agung dan Paskah.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp