Tuesday, 16 April 2024

Search

Tuesday, 16 April 2024

Search

Pengajar Inggris Ungkap Keseriusan Kapolri Perbaiki Sepak Bola Indonesia

JAKARTA– Pengajar dari Conventry University Inggris Prof Mike C. Hardey mengungkapkan keseriusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan transformasi atau perbaikan persepakbolaan di Indonesia. 

Sebelumnya Polri menghadirkan Prof Mike C. Hardey dari Conventry University Inggris untuk memberikan pelatihan manajemen kompetisi sepak bola kepada jajaran Polri dan seluruh pihak terkait selama sembilan hari. 

Pengajar manajemen kompetisi sepak bola itu bertanya langsung kepada Kapolri dalam acara tersebut soal keseriusan Kapolri melakukan perbaikan persepakbolaan nasional. “Saya bertanya pada Jenderal Sigit (Kapolri) seberapa serius dia mau berusaha untuk masalah ini, dari ide pelatihan sampai implementasi pelatihan, dengan waktu singkat menunjukkan seberapa serius Polri dan pemangku kepentingan lain untuk ambil bagian dalam tantangan ini,” kata Mike dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Jakarta Kamis (2/2).

Mike juga menyampaikan apresiasinya kepada Polri lantaran bisa dilibatkan dalam mewujudkan iklim sepak bola menjadi lebih baik lagi ke depan. “Tentang inisiasi pelatihan, implementasi, dan konsekuensi dari pelatihan ini, kami merasa terhormat bisa bergabung dengan para pihak dalam kesempatan ini,” ujar Mike. 

Berdasarkan pandangannya, Mike menyebutkan bahwa persepakbolaan Indonesia sudah memenuhi berbagai macam aspek untuk menciptakan iklim yang aman dan nyaman. 

Mike menambahkan, dalam pelatihan yang diberikannya terdapat tiga hal yang disampaikan sebagaimana penekanan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

“Namun, kami fokus pada tiga hal yang ditekankan Jenderal Sigit, pertama, bagaimana cara kita berkomunikasi antara pemangku kepentingan. Kedua, bagaimana kita mengoordinasikan tanggung jawab masing-masing, dan bagaimana kita berkolaborasi untuk mengembangkan infrastruktur dan lingkungan laga sepak bola yang aman, nyaman dan menyenangkan,” ucap Mike sekaligus memaparkan penekanan Kapolri. Menurut Mike, Kapolri Jenderal Listyo Sigit memiliki tujuan yang sangat penting bagi masa depan sepak bola di Indonesia. 

Mengingat, tujuannya untuk menyalurkan bakat dari atlet-atlet sepak bola untuk bertanding di dalam negeri maupun kancah internasional. “Seperti yang Jenderal  Listyo Sigit bilang Indonesia punya banyak atlet berbakat untuk berlaga di dunia sepak bola dan itu sangat penting bagi persahabatan internasional. Saya sangat senang mewakili rekan-rekan saya menjadi bagian ini,” tutur Mike.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa Polri terus berkomitmen untuk menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka melakukan perbaikan atau transformasi manajemen penyelenggaraan kompetisi sepak bola Indonesia. 

“Sembilan hari telah melakukan kegiatan pelatihan manajemen stadion untuk persiapan pengamanan bola. Jadi sebagaimana komitmen Polri bahwa Polri akan terus melaksanakan peningkatan kualitas dari pengamanan, khususnya terkait dengan penyelenggaraan kompetisi besar khususnya sepak bola,” kata Listyo Sigit di Gedung Rupatama Polri, Jakarta Selatan, Rabu (1/2). 

Lebih dalam, mantan Kabareskrim Polri itu menjelaskan bahwa, pelatihan dengan pemateri dari Inggris yang terlibat langsung dalam manajemen pelaksanaan Piala Dunia di Qatar lalu, telah berakhir. Sigit pun berharap, para peserta yang mendapatkan kursus tersebut dapat menyerap seluruh ilmu dan pengetahuan manajemen sepak bola sebagaimana standar FIFA. 

“Tentunya ini menjadi sangat penting karena Indonesia memiliki talent yang luar biasa, penonton yang sangat besar dan ini apabila bisa dikelola dengan baik semuanya akan bisa menumbuhkan pemain yang bisa akan berkompetisi dengan baik, dan harapan kita, kita bisa mewujudkan kompetisi sepak bola yang lebih berkualitas dan tentunya bisa membawa harum nama Indonesia di tingkat internasional,” tutup Listyo.

Frans C. Gultom

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media