International Media

Rabu, 5 Oktober 2022

Rabu, 5 Oktober 2022

Pemprov Sumut Sambut Hangat Zhang Min, Konjen Tiongkok di Medan yang Baru

Basarin Tanjung, Konsul Jenderal Zhang Min dan tokoh lainnya berfoto bersama.

MEDAN–Konsul Jenderal Tiongkok di Medan yang baru Zhang Min, Rabu (30/3) lalu tiba di Medan untuk bertugas di posnya yang baru.

Perwakilan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Asisten Gubernur Drs. H. Mhd Fitryus dan pejabat lainnya, Ketua Pelaksana Perhimpunan MITSU Xu Yu Quan, Wakil Konjen Zhou Yunliang dan tokoh lainnya menyambut kedatangannya di bandara.

Drs. H. Mhd Fitryus, atas nama Gubernur Edy Rahmayadi, pemerintah provinsi dan masyarakat Sumut menyambut hangat Konjen Zhang Min.

Dia menyatakan Indonesia dan Tiongkok adalah negara besar dalam hal populasi dan ekonomi serta memiliki prospek kerja sama yang luas di berbagai bidang.

Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Guangdong adalah sister province yang bersahabat. Sejak terjalinnya hubungan antara kedua belah pihak maka hubungan berlangsung erat, materi kerja sama beraneka ragam dan hasilnya luar biasa.

Provinsi Sumatera Utara masih memiliki banyak ruang untuk pengembangan di bidang pariwisata, budaya, ekonomi dan perdagangan serta pembangunan infrastruktur.

Nantinya diharapkan dapat terus memperkuat interaksi dan kerja sama dengan provinsi dan kota di Tiongkok.

Konjen Zhang Min berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera  Utara atas pengaturannya yang hangat dan bijaksana.

Dia mengatakan bahwa di era baru ketika Tiongkok dan Indonesia bekerja sama membangun komunitas masa depan bersama dirinya menjabat sebagai Konsul Jenderal Tiongkok kelima di Medan.

Dia merasa terhormat mengemban misi dan tanggung jawab yang besar ini.

Dia berharap dapat bekerja dengan teman-teman dari berbagai lapisan masyarakat di distrik konsuler untuk sepenuhnya menerapkan konsensus penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara dalam memajukan hubungan bilateral, untuk melaksanakan tugas, demi berperan aktif bagi interaksi dan kerjasama persahabatan yang mendalam dan berkelanjutan dengan berbagai daerah di wilayah konsuler dan Tiongkok.

Tahun ini merupakan peringatan 20 tahun terjalinnya hubungan antara Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Guangdong.

“Diharapkan kita dapat menggunakan kesempatan ini untuk lebih mempromosikan kerja sama pragmatis  dan interaksi humaniora,” tambah Konjen Zhang Min

Konjen Zhang Min berterima kasih kepada perwakilan komunitas Tionghoa di Provinsi Sumatera Utara sekaligus Ketua Pelaksana Perhimpunan MITSU Xu Yu Quan yang datang untuk menyambutnya.

Dia juga meminta Xu Yu Quan untuk menyampaikan salamnya kepada komunitas Tionghoa setempat.

Dia mengatakan bahwa komunitas Tionghoa Sumatera Utara telah memainkan peran unik dalam mendorong perkembangan sosial ekonomi setempat serta interaksi dan persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia.

Dia berharap lebih memperkuat hubungan dan kontak antara Konsulat Jenderal Tiongkok Medan dengan komunitas Tionghoa setempat.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara Basarin Tanjung, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara Hj. Nurlela, SH, M.AP, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Zumi Sulthony, S. Sos

Nurrella, Direktur Layanan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi, Zumli, Direktur Biro Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi dan  Kepala Hubungan Persahabatan Luar Negeri Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Silvia turut menghadiri pertemuan tersebut. idn/din

Sukris Priatmo

Komentar