International Media

Jumat, 27 Mei 2022

Jumat, 27 Mei 2022

Pemprov DKI Gelar Salat Idulfitri di JIS, Kapasitas Hanya 8 Ribu Jemaah

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar salat Idulfitri di stadion Jakarta International Stadium tahun ini.

JAKARTA- Pemprov DKI Jakarta akan menggelar salat Idulfitri di stadion Jakarta International Stadium (JIS) tahun ini. Kapasitas jemaah yang disediakan yakni sebanyak 8 ribu orang.

Kabag Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Aceng Zaini mengatakan semula pihaknya menyediakan kapasitas hanya 6 ribu jemaah. Namun, karena masih ada tempat yang bisa digunakan, kapasitas pun ditambah menjadi 8 ribu orang.

“Lokasinya di ramp barat JIS. Bukan di lapangannya. Jadi itu muat sekitar 6 ribu. Kalau yang datang lebih bisa geser lagi ke sampingnya. Jadi total bisa sekitar 8 ribu,” ujar Aceng saat dihubungi, Kamis (21/4).

Terdapat sekitar 200-300 orang petugas Satpol PP DKI yang akan turut membantu mengatur jemaah yang datang serta mengawasi protokol kesehatan selama berjalannya ibadah salat Idulfitri. “Juga pengaturan rekayasa lalin dari Dishub beberapa titik ditempatkan (petugas) supaya lancar. Kalau tidak ada pengaturan takutnya crowded. Ada titik yang buat parkir nanti diarahkan ke Sunter Barat sama Sunter Permai, disesuaikan. Terus ada ITF di seberangnya JIS nanti disiapkan untuk motor, (bagian) yang sudah dicor cukup untuk 1.000 motor. Kemarin laporan dari Sudinhub Jakut,” jelasnya. Sementara itu untuk parkir mobil masyarakat bisa menggunakan parkir yang tersedia di parkiran JIS. Parkiran tersebut dapat menampung 1.900 mobil. Terdapat pula angkutan umum berupa bus Transjakarta yang memiliki rute ke JIS. Pihaknya juga bekerjasama dengan PAM Jaya untuk menyediakan mobil tanki air untuk wudhu serta mobile toilet.

“Toilet ada di JIS tapi kan agak jauh harus naik dulu. Jadi tetap kita sediakan mobile toilet sekitar 8-10 unit. Nanti akan ada survei kedua sebelumnya hari Lebaran untuk memastikan persiapan,” tuturnya. ***

Prayan Purba

Komentar

Baca juga