Pemprov Banten Wacanakan ‘Ngurung’ Kendaraan Dinas Jelang Lebaran

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, Komarudin

SERANG- Mengantisipasi terjadinya penggunaan kendaraan dinas untuk kegiatan mudik atau berwisata pascalebaran, Pempov Banten berencana ‘mengurung’ semua kendaraan dinas menjelang Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, Komarudin, Selasa (27/4).

Komarudin mengaku rencana itu bisa diterapkan kepada seluruh OPD di Pemprov Banten agar tidak terulang lagi kejadian mobil pelat merah ketika musim Lebaran berada di tempat wisata atau jalur mudik.

“Meskipun pada tahun kemarin yang sempat viral itu bukan mobil dinas Pempov, tapi kami ingin mengantisipasi kejadian seperti itu kedepannya,” ujarnya.

Komarudin mengakui, saat ini seluruh kendaraan dinas milik Pemprov Banten sudah ditempel logo dan nama OPD terkait. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya penyalahgunaan kendaraan dinas untuk kegiatan di luar kantor.

“Tapi sepertinya jika seluruh kendaraan dinas ditaruh di kantornya masing-masing menjelang Lebaran, itu lebih efektif,” ucapnya.

Apalagi, lanjutnya, tahun ini, pemerintah memberlakukan larangan mudik. ASN harus menjadi contoh dalam ketaatannya terhadap aturan pemerintah.

“Jangan sampai ASN justru melakukan mudik, apalagi sampai menggunakan kendaraan dinas,” tegasnya.

Selain itu, Komarudin juga mengantisipasi adanya kendaraan dinas yang digunakan untuk berwisata pasca lebaran. Hal itu mengingat, pada tahun ini pemerintah membuka tempat-tempat wisata.

“Ini juga yang akan kami antisipasi,” tambahnya. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp