Pemkot Tangerang Uji Coba Pengembangan RDF di TPA Rawa Kucing

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau uji coba RDF.

TANGERANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang saat ini tengah melakukan uji coba pengembangan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) yang merupakan upaya dalam menanggulangi sampah-sampah di TPA Rawa Kucing.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Yudi Pradana mengatakan terdapat 5 ton sampah yang dilakukan uji coba di TPA Rawa Kucing.

“Kita lagi maksimalkan 5 ton sehari tapi. Ini lagi uji coba 5 ton sehari,” ujar Yudi, Rabu (28/4).

Yudi mengatakan, sampah itu nantinya akan diubah menjadi sumber energi terbarukan yang kemudian dapat menjadi bahan bakar pengganti batu bara.

Diketahui, Pemkot Tangerang juga sudah mendapat calon pembelinya yakni PT Indonesia Power melalui kesepakatan kerjasama yang sudah ditandatangani pada Jumat, (23/4) lalu.

Setelah itu akan dipergunakan sebagai bahan bakar PLTU Lontar yang sebelumnya batubara. Namun, upaya tersebut masih terus dilakukan untuk menentukan kandungan yang tepat dari sampah untuk dijadikan bahan bakar PLTU.

“Kita masih uji coba sama Indonesia Power, sampah di kota bukan hanya organik namun ada juga unorganik. Jadi makannya lagi diuji kandungannya seperti apa kan gitu,” jelasnya. pp

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp