Pembangunan Jalur Sepeda Permanen Jalan Sudirman – Thamrin Tak Gunakan APBD DKI Jakarta

JAKARTA –  Pemprov DKI Jakarta akan membangun Jalur sepeda secara permanen di Jalan Sudirman – Thamrin, Jakarta Pusat. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pembuatan jalur sepeda permanen itu tidak menggunakan dana APBD.

“Saya nggak hapal (nilai anggarannya), tapi nggak menggunakan APBD. Itu menggunakan kewajiban pihak ketiga,” ujar Syafrin saat dihubungi, Sabtu (6/2).

Syafrin menerangkan, jalur sepeda permanen nantinya akan menggunakan satu lajur di Jalan Sudirman-Thamrin. Syafrin menegaskan pihaknya tidak akan memangkas trotoar yang ada sebagai jalur sepeda.

“Jadi dari konsep kami untuk menjaga agar lalu lintas kendaraan bermotor menurun itu akan digunakan pola konsistensi tiga lajur untuk kendaraan bermotor, kemudian yang satu lajurnya itu akan digunakan untuk sepeda,” katanya.

Syafrin menerangkan, jalur sepeda permamen itu akan dibuat di dua sisi. Sisi pertama yang di Jalan Sudirman-Thamrin arah Bundaran Pemprov DKI juga berencana akan membuat jalur sepeda permanen di jalan lain pada 2021. Namun, dia menyebut hal itu masih dalam proses perencanaan.HI dan sebaliknya.

“Sifatnya menerus panjang jalur itu kan totalnya satu arah 5,6 km kemudian, dua arahnya jadi 11,2 km,” katanya.

Lebih lanjut, Syafrin mengatakan,

“Masih dalam perencanaan, tapi tahun ini akan ada beberapa ruas jalan yang akan dipermanenkan,” imbuh Syafrin.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan mempermanenkan jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Syafrin mengatakan rencana tersebut dilakukan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pengguna sepeda. “Pembangunan jalur sepeda permanen ini bertujuan antara lain menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta, serta mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan,” ujar Syafrin melalui keterangan tertulis di situs PPID Pemprov DKI Jakarta, Jumat (5/2).

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp