Pelantikan Pengurus Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia (Majabumi TS) Provinsi Sumut Masa Bakti 2021 – 2026

Prosesi penyerahan pataka Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia DATI I Provinsi Sumut masa bakti 2021 – 2016 oleh Drs. Efendi Hansen kepada Pdt. Solihin Chandra.

MEDAN (IM)–Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia (Majabumi TS) Pimpinan YM Maha Bhiksu DR (HC) Dutavira Sthavira, mengadakan   pelantikan Pengurus DATI I Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2021 – 2016, yang dilaksanakan oleh Wakil Ketua Umum Majabumi TS, Drs. Efendi Hansen, di Vihara Bodhi Mandapa, Medan, Minggu (18/4).

Pimpinan Majabumi TS YM Maha Bhiksu DR (HC) Dutavira Sthavira.

          Prosesi pelantikan yang berlangsung khikmad tersebut dihadiri oleh pembimas agama Buddha Kawil Sumatra Utara Budi Sulistiyo secara virtual, Wakil Ketua Umum Majabumi TS, Samsudin Sukamto (Pembina Majabumi TS Sumut), tokoh masyarakat Robert Siregar (Ketua Marga Siregar Dunia), Pdt Solihin Chandra Ketua Majabumi TS Sumatra Utara, serta para pengurus yang akan dilantik sebagian mengikuti melalui onlie.

Melalui online zoom meeting, Erwin Chandra, Ketua terpilih Majabumi TS Kota Pematang Siantar beserta jajarannya.

          Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars Majabumi TS, serta pembacaan doa oleh ibu Yenni.

Laporan ketua panitia oleh Hong Lie Amran, yang berterima kasih atas kehadiran para tamu undangan, juga yang secara online pelantikan ini dapat terselenggara berkat kerjasama yang baik dari para panitia dan pengurus.

          Bimas Buddha Kanwil Sumut, Budi Sulistiyo  secara virtual mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya kembali Pdt Solihin Chandra Ketua Majabumi TS Sumatra Utara dan Erwin Chandra, Ketua terpilih Kota Pematang Siantar.

Ini merupakan berkah terbaik kita semua dalam berkontribusi perkembangan kemajuan agama Buddha di Sumatera Utara serta kedepan tetap aktif didalam berorganisasi khususnya Majabumi TS Sumatera Utara dan Kota Pematang Siantar.

Prosesi pemakaian rompi dan pin dari Drs. Efendi Hansen, kepada Pdt. Solihin Chandra.

“Saya merasa bangga karena Majabumi TS Sumatera Utara sudah banyak berkiprah dalam kegiatan sosial dan keagamaan yaitu pada masa-masa pademi covid-19 ini. Hal tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan semaksimal mungkin karena kepedulian dari Majabumi TS Sumatera Utara sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Pembacaan SK Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia DATI I Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2021 – 2016  oleh Drs. Efendi Hansen, Wakil Ketua Umum Majabumi TS.

          Mewakili Ketua Umum YM Maha Bhiksu DR (HC) Dutavira Sthavira, Drs. Efendi Hansen, Wakil Ketua Umum Majabumi TS memberikan sambutan dengan memohon maaf karena Ketua umum berhalangan hadir.

Dia sangat apresiasi untuk pengurus Sumut dimana dalam suasana pandemi masih bisa berkarya  mengadakan pelantikan Majabumi TS Sumatra Utara dan Kota Pematang Siantar periode masa bakti 2021 – 2016, dan  dapat bersama sama mengembangkan agama Buddha Mahayana.

Seketaris Majabumi TS DATI I Provinsi Sumatera Utara, Heryanto Archie membacakan SK Pelantikan kepada Erwin Chandra, Ketua terpilih Majabumi TS Kota Pematang Siantar.

Kita bersyukur atas dukungan pemerintah  meningkatkan toleransi antar umat beragama di Sumatra Utara Khususnya dan Indonesia umumnya. Kita bangga bisa mendapatkan ajaran  Buddha ( Buddhist teaching) bagaimana perilaku perbuatan kita sehari-hari, bagaimana kita berucap syukur kepada para Buddha dan para Bodhisatwa.

Tahun ini  kita Umat Buddha juga bangga dimana Menteri agama  bapak Yaqut Cholil Qoumas, seorang petinggi yang mengucapkan bahwa Borobudur diwacanakan menjadi Pusat Buddha Dunia, tentu ini menjadi kebanggaan kita, kebetulan sekali 2 tahun lalu Des 2019 kami diundang ke BodhGaya, menghadiri ABTO meeting, awal tahun 2020 kita ditunjuk menjadi Ketua ABTO Asia Pasifik dari 25 Negara.

Sambutan dari oleh pembimas agama Buddha Kanwil Sumatra Utara, Budi Sulistiyo.
Ketua Majabumi TS Majabumi TS Kota Pematang Siantar memberikan sambutan.

Bahkan dari 15 “Award Perdamaian “dari Indonesia mendapat 7 Award, karena kita turut berkontribusi aktif  dalam  pegembangan jaringan Buddhis dunia dan lainnya.

Akhir tahun lalu kami mengadakan zoom meeting tentang  wisata religi , dan ide yang dikemukakan  Ketua Umum Maha Bhiksu Dutavira Sthavira untuk mengadakan ritual setiap Cheit dan CapGo di Pelantaran Candi Borobudur, ditambah statement dari Bapak Menteri Agama maka sejak 3 Feb 2021 kami mencoba menggalang umat Buddha untuk  mengadakan ritual di pelantaran Candi Borobudur,  sampai sekarang sudah sekian kali, dan jumlah peserta yang terus bertambah. 

Suasana pelantikan pengurus Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia DATI I Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2021 – 2016.

Kami berharap kita dapat melakukannya bersama sama agar Borobudur sejak berdirinya adalah sebagai tempat ziarah ummat Buddha, disana terdapat 504 arca Buddha dan ukirannya pada panel ada 2700-an, tiap panel mengandung  cerita, sehingga Borobudur juga merupakan perpustakaan. Mari kita bangga sebagai umat Buddha tentu ini adalah sebuah jodoh dalam kehidupan kita, jangan mundur tetap semangat, Omitofo. Semoga  semua makhluk hidup berbahagia.

          Pelantikan diadakan dengan membacakan surat pengangkatan Nomor 030/2021 tentang pengangkatan Dewan pimpinan pengurus Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia DATI I Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2021 – 2016  yang diketuai oleh Pdt. Solihin Chandra beserta para pengurus lainnya serta ikrar sumpah jabatan.

Prosesi Pelantikan dilakukan penyerahan pataka yang diserahkan oleh Drs. Efendi Hansen, Wakil Ketua Umum Majabumi TS mewakili Pimpinan Pusat Majabumi TS kepada Pdt. Solihin Chandra, dan dilanjutkan dengan pemakaian rompi dan pin yang dimulai dari Ketua Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2021 – 2016  dan diikuti oleh seluruh pengurus yang hadir dan lainnya menyaksikan melalui via zoom.

Foto bersama Drs. Efendi Hansen dengan Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia DATI I Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2021 – 2016.

          Sambutan dari Ketua DATI I Provinsi Sumatera Utara, Pdt. Solihin Chandra bersyukur kita dapat melaksanakan pelantikan hari ini, terima kasih atas kepercayaan Sesiung dan Se cie semuanya yang telah memilih saya kembali menjadi Ketua, saya sangat mengharapkan kerjasama semuanya untuk kemajuan Majabumi TS agar lebih baik dari periode sebelumnya. Dalam waktu dekat ini kita akan mengadakan rapat untuk membuat program kerja yang bisa menyatukan dan memajukan vihara-vihara di bawah Majabumi TS Sumut, kerjasama dengan pembimas Buddha juga kedepannya kita perlu bantuan dan dukungan untuk pegembangan agama Buddha Dharma.

Saya juga melaporkan Majabumi TS akan mengadakan vaksin untuk 100 orang ummat Buddha, terima kasih atas panita yang bekerja keras dalam pelaksanaan pelantikan hari ini. Kita mengangkat yang muda-muda agar bisa mengabarkan agama Buddha di Majabumi TS agar berkembang dimana-mana, omitofo.

          Setelah dilakukan juga pelantikan pengurus Majabumi TS secara online oleh Majabumi TS Ketua DATI I Provinsi Sumatera Utara, Pdt. Solihin Chandra kepada Erwin Chandra, Ketua terpilih Majabumi TS Kota Pematang Siantar yang dibacakan surat pengangkatannya oleh Seketaris Majabumi TS DATI I Provinsi Sumatera Utara, Heryanto Archie.

          Akhir pelantikan bersama-sama pengurus dan tamu undangan yang hadir beramah tamah serrta berdiskusi bersama. ***

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp