Friday, 27 January 2023

Friday, 27 January 2023

Pekerja Demo di Balai Kota, Minta Pelabuhan KCN Marunda Dibuka

Sejumlah orang menggelar demo di Balai Kota Jakarta.

JAKARTA- Sekitar 100 orang pekerja di Pelabuhan Karya Citra Nusantara (KCN) Marunda, Jakarta Utara, melakukan demonstrasi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (12/1).
Mereka meminta Penjabat (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono membuka kembali Pelabuhan KCN yang ditutup oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.
Berdasarkan pantauan di lokasi, para pekerja membawa sejumlah spanduk dan poster tuntutan. Mereka melakukan orasi secara bergantian.
“Buka KCN, buka KCN, buka KCN. Kami minta ke Bapak Gubernur untuk dibuka lagi tempat bekerja kami,” kata salah seorang pekerja, Kamis (12/1).
Ketua II Pengguna Jasa Pelabuhan (Penjaspel), Munif mengatakan ada sekitar 2 ribu orang yang terdampak dari penutupan Pelabuhan KCN Marunda.
“7 bulan kami ini tidak ada kegiatan, sementara pelabuhan sekitarnya boleh melakukan kegiatan,” kata Munif.
Mereka menuntut pembukaan kembali Pelabuhan KCN. Menurut Munif, meski telah ditutup sekitar tujuh bulan, pencemaran di Marunda masih ada.
“Pencemaran tetap ada walaupun KCN ditutup, yang jadi pertanyaan kami, kami yang mencari nafkah di situ, kenapa pelabuhan lain tidak dipersoalkan, hanya KCN saja yang dipersoalkan,” ujar dia.
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pada Juni 2022 mencabut izin lingkungan PT KCN buntut dugaan pencemaran batu bara di kawasan Marunda, Jakarta Utara.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan pencabutan izin itu dilakukan karena PT KCN tidak memenuhi sanksi administratif sebelumnya untuk melakukan berbagai rekomendasi pengelolaan lingkungan hidup yang baik sesuai batas waktu yang ditetapkan. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media