PBM Untan Gelar Upacara Pembukaan Kelas Bahasa dan Budaya Tionghoa

Upacara Pembukaan Kelas Bahasa dan Budaya Tionghoa PBM Untan yang berlangsung secara daring.

PONTIANAK –PBM Universitas Tanjungpura Selasa (23/2) lalu menyelenggarakan Upacara Pembukaan Kelas Bahasa dan Budaya Tionghoa melalui Zoom.

Direktur PBM Untan pihak Indonesia, guru bantu asal Tiongkok, guru lokal dan siswa kelas bahasa dan budaya Tionghoa berpartisipasi dalam acara daring tersebut.

Direktur PBM Untan pihak Tiongkok Zhou Gui dalam upacara pembukaan tersebut menyambut hangat para mahasiswa peserta kelas bahasa dan budaya Tionghoa.

Para mahasiswa diharapkan tekun belajar sekaligus meningkatkan level bahasa Mandarinnya di bawah bimbingan guru bantu asal Tiongkok. Selain itu juga memahami budaya Tiongkok yang luas dan mendalam.

Terkait persyaratan pengajaran untuk guru bantu asal Tiongkok yang bertugas  di kelas bahasa dan budaya Tionghoa.

Guru bantu asal Tiongkok dituntut untuk mempersiapkan dan memberikan pelajaran dengan baik. Juga mengeksplorasi ketrampilan mengajar yang berorientasi pada kondisi akademik mahasiswa. Serta terus meningkatkan keterampilan mengajar.

Sedangkan Direktur PBM Untan pihak Indonesia Chen Yan Na menjelaskan PBM Untan secara terus menerus telah mengadakan kelas bahasa dan budaya Tionghoa dengan tema yang berbeda-beda. Kelas bahasa dan budaya Tionghoa akan mengadakan pembelajaran pinyin, tata bahasa, pesona aksara Han, lagu Tionghoa dan budaya Tionghoa. Untuk memastikan efektifitas pembelajaran online, kelas tersebut juga dilengkapi dengan tutor yang untuk membantu guru bantu Tiongkok dalam pembelajaran online.

Menurut informasi, pada akhir tahun 2020,  Director of International Exchange and Cooperation Office of Guangxi University for Nationalities Feng Guanghuo dan Direktur PBM Untan pihak Tiongkok Zhou Gui bersama-sama menghadiri interview meeting online antara staf pengajar.

Lewat  perkenalan diri secara daring, tes tatap muka, menjawab pertanyaan dan berbagai hal lainnya akan melakukan penilaian dan pemilihan staf pengajar online pihak Tiongkok. Untuk memilih 5 staf pengajar online pihak Tiongkok untuk PBM Untan.

Sebanyak 5 orang staf pengajar online tersebut akan terlibat dalam pengajaran daring PBM Untan.

Untuk memberikan bantuan bagi mahasiswa Indonesia yang belajar bahasa Tionghoa serta memahami budaya Tiongkok selama masa pandemi korona ini. idn/din

Sukris Priatmo

Sukris Priatmo

Tulis Komentar

WhatsApp