Friday, 19 April 2024

Search

Friday, 19 April 2024

Search

Pasar Malam, Hiburan Warga Bogor Selama Ramadhan

Pasar Malam, identik dengan pasar rakyat, tetap ramai pengunjung.

BOGOR- Pasar malam dikenal sebagai alternatif tempat hiburan rakyat murah meriah di lahan kosong area permukiman yang biasanya ditandai dengan lampu tembak yang menyorot ke arah langit malam hari.

Memasuki Bulan Suci Ramadhan, keberadaan pasar malam tetap menjamur. Salah satunya di wilayah Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sejak awal Ramadhan, pasar malam ini mulai dibuka untuk warga berkunjung. Berbagai jenis permainan anak-anak dan dewasa tersedia dengan hiasan lampu warna warni cantik yang memanjakan mata seperti biangalala, perahu ombak, kereta putar dan lainnya.

Hanya mulai dari tiket Rp10 ribu, pengunjung dapat menikmati permainan tersebut dengan durasi waktu yang sudah ditentukan. Harga yang murah itu menjadikan pasar malam ramai dikunjungi warga.

Kondisi becek setelah hujan tidak menyurutkan antusias pengunjung yang datang ke pasar malam. Meski harus susah payah berjalan, pengunjung tampak tetap menikmati hiburan rakyat tersebut.

“Anak senang ke sini. Kalau Ramadhan pasti ke sini,” kata salah satu pengunjung pasar malam Karina (30).

Bukan hanya permainan, dalam pasar malam juga terdapat berbagai stand penjual baju, makanan dan lainnya. Jadi pengunjung juga bisa mencicipi kuliner ataupun berbelanja kebutuhan Lebaran.

“Paling jajan makanan aja di sini, sambil nungguin anak naik permainan,” ungkapnya.

Pasar malam biasanya semakin ramai pengunjung beberapa hari menjelang Lebaran. Beberapa hari setelah itu, pasar malam ini tutup dan dibongkar.

Keberadaan pasar malam sedianya semakin berkurang di berbagai wilayah seiring hilangnya lahan kosong yang luas. Sehingga, keberadaan pasar malam memang cukup ditunggu dan menjadi salah satu tradisi hiburan selama bulan Ramadhan. ***

Prayan Purba

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media