International Media

Minggu, 2 Oktober 2022

Minggu, 2 Oktober 2022

Panti Jompo Harapan Jaya Berikan Layanan Kasih Bagi Lansia dalam Menikmati Hari Tua

Cai Zhen Shun (belakang ketiga dari kanan) berfoto bersama dengan para lansia.

MEDAN—Panti Jompo Harapan Jaya yang berlokasi di Jl. A. M. D. Pulau Rengas Kec. Medan Marelan Titi Papan merupakan panti jompo yang menampung para lansia yang tidak dirawat oleh keluarga, termasuk lansia disabilitas.

Panti jompo tersebut selama ini telah menampung banyak lansia. Banyak lansia yang sakit lalu meninggal dunia. Kemudian diganti dengan lansia baru lainnya.

Para staf panti merawat para lansia dengan baik. Mereka bertanggung jawab memberi makan para lansia tiga kali sehari dan makanan ringan di sore hari.

Sepasang suami istri turut membagikan makanan.

Mereka juga mendorong kursi roda lansia disabilitas untuk ke kamar mandi atau membantu mereka naik ke tempat tidur dan lainnya. Karena itu, para lansia telah menganggap Panti Jompo Harapan Jaya sebagai rumah mereka sendiri.

Penulis PADA Jumat (15/4) lalu dengan didampingi pendiri Cai Zhen Shun dan Guan De Li mengunjungi Panti Jompo Harapan Jaya. Masuk ke lobi, sepasang kuplet menyambut kehadiran mereka. Juga tampak kira-kira 40 lansia yang duduk di kursi atau beristirahat di kursi roda.

Penulis berbincang dengan para lansia dan mendapati bahwa masing-masing lansia memiliki nasib berbeda. Meskipun mereka memiliki keluarga, namun mereka tidak dapat merawat mereka karena kesibukannya. Sehingga mereka setuju untuk masuk ke panti jompo. Anggota keluarga mengunjungi mereka pada hari Minggu atau hari libur atau mengirimkan makanan kepada para lansia tersebut.

Cai Zhen Shun menyambut hangat rombongan yang datang berkunjung.

Menurut Cai Zhen Shun, seringkali ada kelompok atau pribadi yang menyumbangkan bahan makanan kepada panti jompo. Khususnya pada malam Natal, Tahun Baru dan Perayaan Imlek. Dan tak terhitung banyaknya kelompok atau pribadi yang terus menerus menyumbangkan bahan makanan. Kebetulan hari itu bertepatan dengan Jumat Agung, sebanyak enam kelompok atau pribadi pergi ke panti jompo untuk membagikan makanan dan angpao untuk setiap lansia. Dan juga memberikan makan bubur kepada para lansia.Pemandangan itu sungguh mengharukan.

          Karena panti jompo tersebut tidak cukup untuk menampung jumlah lansia yang terus bertambah, Cai Zhen Shun beberapa tahun lalu membeli sebidang tanah di dekat Kualanamu, Medan untuk dibangun “Panti Jompo Tenang Halaman Tua”. Yang berlokasi di Jl. Kediri Desa Ramonia Kec.Beringin Kab. Deli Serdang Sumut. Saat ini baru selesai dibangun sebagian. Total perkiraan biaya pembangunan mencapai lebih dari 5 miliar rupiah. Sejauh ini baru terkumpul satu miliar rupiah lebih.

Pembagian makanan di panti jompo.

Kami mengimbau masyarakat yang dermawan untuk menyumbangkan dana. Biarpun sedikit jika dikumpulkan akan menjadi bukit. Jika Anda bersedia berkontribusi untuk perumahan, maka nama donatur akan diukir di batu prasasti besar di halaman.

Panti Jompo Tenang Halaman Tua akan memiliki 20 ruangan tinggal, dan jika anda mau menyumbang untuk ruangan tinggal ini maka nama anda akan diukir di batu granit yang akan digantung di dekat pintu.

Untuk detailnya, dapat ditanyakan langsung kepada pendiri “Panti Jompo Tenang Halaman Tua” Cai Zhen Shun : 0852 9777 7778. idn/din

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga