Panglima TNI Pimpin Apel Kesiapan Tenaga Vaksinator Copid-19

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (9/2).

JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (9/2). Panglima TNI didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Panglima menuturkan, setelah dilakukan apel kesiapan tenaga naksinator Copid-19, seluruh prajurit akan mengikuti Training of trainer (ToT) sebelum diberangkatkan ke medan tugas. Adapun prajurit yang mengikuti apel tersebut  berjumlah 580 prajurit, terdiri atas 500 Babinsa, 30 Babinpotmar, 30 Babinpotdirga, serta 15 personel dari Puskesad.

“Mereka akan ditugaskan untuk membantu pemerintah daerah dan Kementerian Kesehatan dan ditempatkan di 23.000 desa yang ada di Jawa maupun Bali. Itu bisa berubah nantinya sesuai perkembangan yang terjadi di lapangan,” kata Panglima.

 Lebih lanjut panglima menuturkan, nantinya di setiap desa akan dibangun pos terpadu yang diawaki oleh para Babinsa, Satlimnas hingga Satpol PP. Menurutnya, para personel yang bertugas akan diberikan SOP sesuai dengan apa yang dilaksanakan dan berlaku di daerah masing-masing.

Dia berharap, dengan kesiapan sumber daya manusia dan fasilitas kesehatan tersebut TNI dapat mendukung program-program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Dia pun merasa bangga dengan ratusan prajurit yang hari ini mengikuti apel.

“Saya bangga melihat kesiapan peserta apel. hal ini akan menjadi kesiapan TNI untuk melaksanakan Instruksi Presiden dalam implementasi kebijakan PPKM Skala Mikro di Jawa dan Bali,” tuturnya.

Secara keseluruhan, dalam membantu tugas pemerintah menerapkan PPKM Skala Mikro TNI mengerahkan 27.866 Babinsa, 1.768 Babinpotmar, dan 102 Babinpotdirga di tujuh provinsi Jawa-Bali yang melaksanakan kebijakan tersebut.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp