Panglima TNI: Hindari Pelanggaran HAM

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

JAKARTA (IM) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan para prajuritnya agar menghindari tindakan yang berpotensi menimbulkan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Menurut Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, menghindari pelanggaran HAM sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dalam Rapim TNI kita juga harus melihat untuk menghindari tindakan pelanggaran HAM, sebagaimana itu perintah dari Presiden,” kata Hadi saat memberikan amanat saat Rapim TNI 2021 di Mabes TNI Cilangkap, Selasa (16/2).

Hadi menjelaskan, pelanggaran HAM hanya akan menjatuhkan nama baik TNI sendiri. Selain itu, bilamana terjadi pelanggaran HAM, maka masyarakat akan jauh dari TNI serta musuh yang dihadapi akan semakin kuat.

“Karena pelanggaran HAM hanya akan menjatuhkan TNI dari rakyat dan menjauhkan TNI dari rakyat serta membuat musuh semakin kuat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Pamglima menitipkan pesan agar pemahaman ihwal HAM haruslah disosialisasikan. Sosialisasi tersebut, sambungnya, harus sampai di tingkat yang paling bawah.

“Dia (prajurit) boleh berbuat apa, dan apa yang harus dilakukan. Kita menghadapi permasalahan serius di lapangan,” tuturnya.

Hadi juga meminta agar kekuatan dan keunggulan yang dimiliki TNI harus terus ditingkatkan. Sementara untuk kelemahan yang ada, Hadi meminta untuk bisa dinetralisir. “Termasuk kelemahan dr sisi kondisi dan spesifikasi alutsista. Latihan, penyiapan operasi bagi personel dan satuan, baik operasi dalam maupun luar negeri,” katanya.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp