Pangdam Jaya Lantik 130 Siswa Dikmaba TNI Otsus dari Timur Indonesia

Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurrachman ( Dok TNI).

JAKARTA – Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman melantik 130 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD Otsus (Otonomi Daerah Khusus) Tahun 2020 yang dididik di Rindam Jaya sejak tanggal 4 November tahun lalu. Pelantikan dilakukan di lapangan Wira Yudha Rindam Jaya,Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (23/3).

Ke-130 orang tersebut berasal dari wilayah Timur Indonesia tepatnya dari Kodam XVIII/Kasuari, yang secara keseluruhan merupakan putra daerah. Penutupan Pendidikan Dikmaba TNI AD 2020 ditandai dengan pernyataan resmi penutupan pendidikan, penanggalan tanda siswa, penyematan tanda pangkat Serda penyumpahan prajurit serta penyerahan ijazah kepada prajurit lulusan terbaik.

Pangdam mengucapkan selamat atas keberhasilan para prajurit menyelesaikan pendidikan dan dilantik menjadi prajurit TNI AD.

Dudung mengatakan, prosesi pelantikan tersebut menandai perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AD dan itu memiliki konsekuensi terhadap pola pikir, pola sikap dan pola tindak sebagai prajurit.

“Kalian telah diikat oleh aturan hukum dan disiplin militer yang berlaku di lingkungan TNI AD seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan Wajib TNI,” kata Pangdam dalam keterangannya, Selasa (23/3).

Dia pun memberikan lima penekanan yang perlu diperhatikan para prajurit. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga senantiasa mendapat petunjuk dan bimbingannya.

Kedua, tegakkan disiplin dan norma keprajuritan dengan berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Ketiga pelihara kesehatan dan kesegaran jasmani serta kebersamaan dan soliditas antara sesama rekan.

“Keempat, jadilah teladan dalam setiap sikap dan tindakan di mana pun kalian berada serta berusahalah menjadi bagian dari penyelesaian masalah bukan menjadi bagian dari masalah. Yang kelima, hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga serta segala hal yang dapat merusak citra TNI Angkatan Darat pada khususnya dan TNI pada umumnya,” ujarnya.

Pangdam Jaya turut memberikan penghargaan kepada empat prajurit berprestasi. Pertama, Serda Syowi Weyai prestasi yang dicapai terbaik bidang sikap dan perilaku dengan nilai 803.16.

Kedua, Serda Adam Athur Paisei terbaik bidang pengetahuan dan keterampilan dengan nilai 792.47, Ketiga Serda Brian Rerei terbaik bidang jasmani dengan nilai 778.14 dan yang terakhir Serda Ottow Gesler Aneis Raunsai prestasi terbaik umum.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp