International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

PAN Sebut Presiden Jokowi Tahu Nama Capres dari KIB

Presiden Jokowi disebut mengetahui capres dari KIB.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah mengetahui bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP, belum ingin mengungkapkan nama calon presiden yang akan diusung partai koalisi tersebut pada Pilpres 2024 mendatang ke publik.

“Iya Presiden tahu nama-nama capres yang diusulkan dari PAN, Golkar, dan PPP. Bahkan publik juga tahu,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Minggu (23/10).

Viva Yoga mengatakan, dari daftar nama bacapres itu, nantinya diputuskan dalam rapat internal KIB. Proses penentuan dilakukan secara mufakat.

“Penentuan capres dari KIB adalah halaman terakhir dari proses politik yang mewarnai Pilpres 2024. Setelah itu akan dibuka halaman baru untuk perjuangan di kampanye agar paslon yang diusung KIB menang,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, calon presiden (capres) harus diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik.

Untuk itu, kata Airlangga, KIB yang beranggotakan tiga partai yaitu Golkar, PPP dan PAN, menilai bahwa calon presiden yang bakal diusung harus berkecimpung di partai politik.

Kendati begitu, Airlangga mengatakan KIB belum ada rencana untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Hingga saat ini, pembahasan mengenai hal tersebut belum dilakukan.

Namun demikian, kata Airlangga, pihaknya telah menyetorkan beberapa nama capres ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kita belum dibahas di internal kita,” kata Airlangga di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Pusat, Sabtu (22/10). ***

Osmar Siahaan

Komentar