Orang Tertua di Amerika Serikat Tutup Usia di Umur 115 Tahun

Hester Ford, wanita tertua di AS meninggal dunia dalam usia 115 tahun

Hester Ford, wanita asal Carolina Utara yang diakui sebagai orang Amerika Serika (AS) tertua meninggal dunia  pada Sabtu (17/4) di rumahnya di Charlotte, Carolina Utara.

Informasi kematian Ford disampaikan  cucu buyutnya Tanisha Patterson-Powe. Menurut Kelompok Riset Gerontologi, yang memverifikasinya sebagai orang AS tertua yang masih hidup pada 2019, Ford diketahui berusia 115 tahun dan 245 hari saat meninggal dunia.

Namun, keluarganya mengatakan kepada CNN bahwa dia lahir pada 15 Agustus 1904 , yang akan membuatnya berusia 116 tahun.

Ford lahir di Lancaster, Carolina Selatan, dari pasangan Peter dan Frances McCardell. Dia kemudian menikah dengan John Ford dan memiliki 12 anak – delapan perempuan dan empat laki-laki.

“Ini luar biasa, namun merupakan pengalaman yang membangkitkan kesadaran untuk menyadari bahwa nenek saya bukan hanya wanita biasa, dia adalah E-X-T-R-A-biasa,” kata Patterson-Powe kepada CNN melalui email.

“Dia tidak pernah ‘cocok dengan satu ukuran yang cocok untuk semua kotak’ karena dia adalah seorang penemu dan inovator utama – perintis yang menetapkan trennya sendiri dalam komunitas dan rumahnya,” lanjutnya.

Patterson-Powe menggambarkan mendiang Ford sebagai nenek buyut yang tabah dan tidak tergoyahkan dalam menghadapi kesulitan.

“Dia tidak pernah mengeluh, tidak pernah menunjukkan kekalahan atau menghibur pesta kasihan,” ujarnya. Dengan meninggalnya Ford, Kelompok Riset Gerontologi mencantumkan Thelma Sutcliffe dari Nebraska, lahir pada tahun 1906, sebagai orang AS tertua yang masih hidup. Orang tertua di dunia adalah Kane Tanaka dari Jepang dengan usia 118 tahun.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp