Nomor Satu, Jepang Miliki Paspor Paling Kuat di Dunia

          JEPANG menjadi negara yang memiliki paspor paling kuat di dunia pada tahun ini. Ini menjadi tahun kempat berturut-turut bagi negara sakura itu. Dengan memegang paspor Jepang, seseorang dapat mengunjungi 191 negara di seluruh dunia tanpa visa. Di posisi kedua ada paspor Singapura, dengan 190 negara.

          Pemeringkatan tersebut dikeluarkan Henley Passport Index, yang didasarkan pada data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA). Ini menganalisis berapa banyak negara yang dapat dimasuki pemegang paspor tanpa visa atau berdasarkan visa-on-arrival.

          Pemeringkatan tahun ini tidak memperhitungkan pembatasan perjalanan sementara yang disebabkan pandemi virus korona.

          Sedangkan di posisi ketiga adalah paspor Jerman dan Korea Selatan, dengan skor bebas visa 188. Di urutan keempat adalah paspor Finlandia dan Italia dan Luksemburg dan Spanyol (keduanya naik dari posisi kelima pada tahun lalu), dengan 188 negara.

          Kemudian diikuti Austria, yang naik dari urutan ketujuh, dan Denmark, dengan 186 negara.

          Tempat keenam ditempati Prancis, Irlandia, Belanda, Portugal dan Swedia, dengan paspor mereka menikmati akses bebas visa ke 186 negara.

          Lalu paspor Inggris telah naik peringkat dari posisi ke delapan pada tahun lalu menjadi posisi ke tujuh dengan 185 negara. Selain Inggris, ada pula Amerika Serikat (AS), Belgia, Selandia Baru, Norwegia dan Swiss.

          Di urutan kedelapan ada Australia, Republik Ceko, Yunani dan Malta. Kemudian Kanada di urutan kesembilan dan Hongaria di urutan ke-10.

          Sementara itu, beberapa negara yang sarat konfl ik berada di urutan terbawah. Seperti Afghanistan yang hanya memiliki akses bebas visa ke 26 negara.Paspor Irak juga cukup buruk dengan akses hanya 28 negara. Termasuk paspor Suriah di 29 negara dan paspor Pakistan di 32 negara. Q osm

Mika Urip

Mika Urip

Tulis Komentar

WhatsApp