International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Newcastle Mengusik Peta Persaingan

Pemain Newcastle United saat melibas Tottenham Hotspur.

LONDON – Newcastle United pelan-pelan mulai mengusik peta persaingan papan atas Liga Inggris musim ini. Manajer The Magpies, Eddie Howe berharap timnya bisa melangkah lebih jauh dari situasi saat ini.

Newcastle merangsek naik ke empat besar klasemen sementara setelah melibas Tottenham Hotspur 2-1 di London pada akhir pekan lalu. Mereka kini sudah mengumpulkan 21 poin dari 12 laga, unggul selisih gol dari Chelsea yang ada di urutan lima.

Sebelumnya, capaian Bruno Guimaraes dkk juga impresif. Mereka cuma kalah sekali sepanjang musim ini, yakni saat ditumbangkan Liverpool 1-2 pada September lalu. Setelah itu, mereka belum terkalahkan di tujuh laga terakhir.

Newcastle sebenarnya tak diperhitungkan berbicara banyak musim ini, terlepas dari fakta mereka adalah tim terkaya di Eropa saat ini. Belanja mereka juga jor-joran selama dua transfer terakhir.

Sebanyak 90 juta Pound habis pada Januari lalu untuk merekrut Kieran Trippier, Chris Wood, Bruno dan Dan Burn. Musim panas lalu, mereka mengeluarkan 123 juta Pound untuk memboyong Alexander Isak, Sven Botman, Nick Pope, dan mempermanenkan status Matt Target.

Nama-nama itu terintegrasi cepat dengan pemain-pemain yang sudah ada di era sebelum kedatangan Howe, seperti Joelinton, Sean Longstaff, Joe Willock, hingga Callum Wilson.

Howe memang membeli pemain sesuai kebutuhan. Ia membuktikan jika diberi dana yang cukup, ia bisa membangun tim yang tak kalah bersaing dengan klub-klub semacam Liverpool, Manchester United, atau Manchester City sekalipun. “Kami bisa meraih hal-hal luar biasa dengan skuad ini. Semoga kemenangan ini memberikan kami kepercayaan diri untuk melaju sejauh mungkin. Secara fisik, teknik, dan taktik, kami tampil di level yang sangat tinggi. Saya pikir kami bisa mengalahkan siapapun jika terus tampil seperti itu,” ujar Howe dikutip The Guardian.***

Vitus DP

Komentar