International Media

Selasa, 29 November 2022

Selasa, 29 November 2022

Nasib Anggota TGUPP Berstatus PNS, Kembali ke SKPD Sebelumnya

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

JAKARTA- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bicara soal nasib anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Menurut dia, anggota TGUPP era Anies Baswedan yang berstatus PNS akan dikembalikan ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau instansi asalnya.

“Kan namanya PNS ya, kembali (ke SKPD/instansi lain),” tutur Heru di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (28/10).

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu mencontohkan, TGUPP berstatus PNS akan dikembalikan ke Biro Sumber Daya Manusia (SDM), jika sebelumnya bekerja di biro itu.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku akan memikirkan nasib para TGUPP itu. “Misal, (sebelum menjadi TGUPP) di Biro SDM, ya kembali ke Biro SDM. Atau, ke kepegawaian,” urainya. “Nanti kami pikirkan,” sambung Heru.

Heru sebelumnya memutuskan untuk tak mempekerjakan TGUPP di Pemprov DKI Jakarta. Ia menyebut, adanya TGUPP sejatinya merupakan hal yang bagus. “Ya, TGUPP itu kan tergantung selera gubernur masing-masing. Dulu bagus, semuanya bagus, tapi saya belum terpikirkan,” tuturnya, Kamis (27/10).
Heru lantas menegaskan bahwa tak ada lagi TGUPP yang kini bekerja di lingkungan Pemprov DKI. “Saya sih enggak ada (mempekerjakan TGUPP),” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Heru menyatakan bahwa kinerja TGUPP memang tergolong bagus. Namun, eks Wali Kota Jakarta Utara itu ingin memaksimalkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang sudah ada. “TGUPP, semua bagus, tetapi saya ingin memaksimalkan dinas-dinas yang ada,” ungkapnya, 17 Oktober 2022 lalu.

Heru melanjutkan, selain jajaran dinas di Pemerintah Provinsi DKI, pihaknya juga akan memaksimalkan kinerja asisten pemerintahan, tenaga ahli, dan asisten ahli. “Mungkin diperkuat asisten, ada tenaga ahli, (serta) asisten ahli, saya kira itu,” sebut dia.

PNS yang sempat menjabat sebagai TGUPP era Anies salah satunya adalah Bayu Meghantara, yang sebelumnya menjabat mantan Wali Kota Jakarta Pusat . Selain itu, ada juga Andono Warih, mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. ***

Prayan Purba

Komentar