International Media

Jumat, 30 September 2022

Jumat, 30 September 2022

Napoli Bikin Liverpool Tidak Berdaya

Pemain Napoli menghampiri Giovanni Simeone yang meluapkan emosi usai mencetak gol ke gawang Liverpool.

NAPLES – Napoli tampil brilian  dan membuat Liverpool tidak berdaya pada laga matchday pertama Grup A  Liga Champions 2022/2023, yang berlangsung di Stadio Diego Armando Maradona, Kamis (8/9) dinihari WIB.

            Napoli unggul tiga gol di babak pertama  lewat Piotr Zielinski (penalti), Andre-Frank Zambo Anguissa, dan Giovanni Simeone. Di babak kedua Napoli menambah gol lewat Zielinski, sebelum Luis Diaz mencetak gol hiburan untuk Liverpool.

Pelatih Napoli, Luciano Spalletti, begitu puas timnya bermain impresif.  Rasa puas Spalletti itu wajar karena Liverpool adalah finalis Liga Champions musim lalu. Kemenangan itu membuktikan kualitas permainan Napoli.

“Saya sangat senang memimpin Napoli di Liga Champions. Kami menampilkan permainan yang benar-benar bersemangat dan yang memukau penonton,” ujar Spalletti, dilansir dari laman resmi Napoli.

Pelatih berusia 63 tahun itu mengatakan, Napoli menyambut Liga Champions dengan persiapan yang cukup matang. Pasalnya, tampil impresif di ajang itu adalah sebuah target besar timnya.

“Pemain bermimpi bermain di kompetisi ini sepanjang hidup mereka. Sebab, standarnya sangat tinggi. Permainan bisa dimenangkan atau kalah dalam sebuah laga. Kami harus begitu bersemangat melawan tim seperti Liverpool. kami dapat mempersiapkan diri selengkap mungkin. Akan tetapi, ketika menghadapi juara sejati, kami tahu mereka mampu menghasilkan sesuatu secara tiba-tiba ” kata Spalletti.

Ia menegaskan,  , hasil itu tidak terlepas dengan komposisi pemain Napoli yang makin sempurna. Oleh karena itu, performa Il Partenopei saat melawan  The Reds wajib dipertahankan pada pertandingan selanjutnya. “Karena itu, kami memiliki beberapa pemain papan atas. Saya yakin, bahwa para pemain akan bermain lebih baik besok,” ujarnya.

Di dalam laga ini terselip selebrasi penuh rasa haru dari Giovanni Simeone, putra Diego Simeone. Buat Giovanni, momen itu memang memantik rasa emosi.

“Saya  selalu memimpikan bisa bermain satu menit saja di Liga Champions. Hari ini saya mendapat kesempatan itu dan saya pun bisa memanfaatkaannya,” ucap Giovanni Simeone seperti dilansir talkSPORT.

Tampil di laga Napoli  kontra Liverpool merupakan momen debut Giovanni di Liga Champions. Aksi perdananya di pentas Liga Champions hadir pada saat pemain pinjaman dari Verona itu sudah berusia 27 tahun.

Usai mencetak gol,  air matanya bercucuran ketika rebahan di atas lapangan, pada saat dirinya tenggelam dalam euforia perayaan. Selain itu, dengan air wajah haru, Giovanni Simeone juga terlihat mengecup tangan kirinya. Di situ ada sebuah tato yang dibuatnya pada usia 13 tahun, bergambar logo Liga Champions,  cerminan betapa ia memimpikan tampil di ajang itu.

Sementara bagi Liverpool, kekalahan itu tentu menyakiti perasaan para fans, apalagi yang hadir ke Stadion Diego Armando Maradona. Manajer Juergen Klopp pun kecewa dengan penampilan dan kekalahan ini. Oleh sebab itu, juru taktik berpaspor Jerman itu pun meminta maaf kepada fans Liverpool.

“Ini penerbangan panjang dari Liverpool ke Napoli. Untuk semua hal yang mereka investasikan, saya mengerti 100 persen itu adalah malam yang sangat mengecewakan. Tentu saja, saya harus minta maaf untuk itu,” kata Klopp, dilansir dari laman resmi Liverpool.

Klopp menegaskan dirinya bertanggung jawab penuh atas kekalahan telak itu dan segera  melakukan evaluasi agar Liverpool bangkit kenyataan pahit ini. “Sekali lagi, ini adalah tanggung jawab saya. Saya benar-benar berpikir masuk akal untuk berpikir lebih lama. Saya harus menonton pertandingan kembali,” ujarnya.

Dalam catatan situs Liga Champions, Liverpool dihujani 18 tembakan oleh Napoli. Ada delapan percobaan Napoli mencapai sasaran, empat menjadi gol.

Sementara itu, Liverpool 15 kali menembak, tujuh mencapai sasaran, dan cuma satu menjadi gol. Klopp juga kecewa dengan penampilan Liverpool, sampai bilang tim asuhannya menjadi bahan tertawaan.

“Kebobolan tiga gol dengan Alisson di gawang, anda harus benar-benar sangat buruk. Sepertinya kami harus menemukan diri kami sendiri. Ada banyak hal yang kurang dan kami harus membenahi semuanya di tengah berjalannya Premier League dan Liga Champions,” ujarnya.

Di laga lain grup ini, Ajax Amsterdam sukses mengalahkan Rangers 4-0. Dengan demikian, Ajax memuncaki klasemen sementara diikuti Napoli. Liverpool dan Rangers.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga