Mudik tak Dilarang, Cicaheum & Leuwipanjang Bersiap

Ilustrasi.

BANDUNG – Dinas Perhubungan Kota Bandung telah menyiapkan skema akomodasi arus mudik lebaran, seiring lampu hijau yang diberikan pemerintah pusat terkait mudik lebaran 2021.

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung, Khairul Rijal mengatakan, Kota Bandung telah menyiapkan Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang. 

“Terminal Leuwipanjang untuk ke arah barat dan Cicaheum untuk ke arah timur. Tetapi tahun ini, kewenangan Leuwipanjang sudah beralih ke Kemenhub. Sementara Cicaheum masih sama kita,” kata Rijal di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Kamis (25/3). 

Dishub Kota Bandung, dituturkan dia menjamin kesiapan  armada angkutan dari dua Terminal tersebut. Pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas protokol kesehatan upaya dari penekanan resiko Covid-19.

“Dua terminal ini, dari sisi armada bus sudah siap. Yang lebih utama adalah protokol kesehatan. Mulai dari penumpang masuk, dia wajib mencuci tangan. Diperiksa suhu tubuh. Pembatasan tempat duduk, dan transaksi beli tiket yang tidak di atas bus,” ucapnya. 

Terkait jumlah armada angkutan penumpang, Dishub Kota Bandung menyiapkan sebanyak 486 unit bus. Jumlah tersebut, dikatakan dia terbagi di dua Terminal yakni Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum. 

“Di Terminal Leuwipanjang ada 335 bus dengan kapasitas 16.750 kursi. Sementara di Terminal Cicaheum ada 151 bus dengan kapasitas maksimal 7.750. Lalu, kita juga telah menetapkan standar protokol kesehatan untuk bus dari luar Bandung,” ujar dia. ***

Prayan Purba

Prayan Purba

Tulis Komentar

WhatsApp