MU Tak Boleh Gagal Lagi di Semifinal

Pemain Manchester United bergembira usai Edinson Cavani (tengah) mencetak gol ke gawang Granada. (foto ist)

MANCHESTER – Manchester United (MU) melenggang mulus ke babak semifinal Liga Europa, usai menyingkirkan Granada di babak perempatfinal.

            Dalam laga leg II di Old Trafford, Jumat (16/4) dinihari WIB,  MU memetik kemenangan 2-0 lewat gol Edinson Cavani dan bunuh diri Jesus Valejo. Dengan demikian MU lolos dengan agregat 4-0.

            Dalam laga itu Cavani mencetak gol yang sangat indah. Adalah Paul Pogba yang memberikan assist untuk Cavani  pada menit keenam. Umpan sundulan Pogba bisa diselesaikan oleh penyerang asal Uruguay itu dengan tendangan first time kaki kiri.

“Saya berlari dan saya tahu bahwa dia di belakang saya. Laju bola menuju dirinya sempurna. Sebuah gol yang indah,” kata Pogba seperti dikabarkan oleh BBC.

Pujian untuk Cavani juga datang dari pemain MU lainnya, Bruno Fernandes. Pemain 34 tahun itu disebut sebagai penyerang tengah yang pas. “Dia (Edinson Cavani) merupakan penyerang yang tepat, pemain nomor sembilan yang tepat,” kata Fernandes.

Cavani bergabung dari Paris Saint-Germain ke Manchester United secara cuma-cuma di musim panas tahun lalu. Dia sudah menyumbangkan sebanyak 9 gol dan 2 assist di musim ini.

Ole Gunnar Solskjaer antusias menghadapi AS Roma di babak semifinal. (foto ist)

Manajer MU  Ole Gunnar Solskjaer berharap Setan Merah tak lagi mentok di babak semifinal musim ini. Karena ini jadi kali kedua secara beruntun, MU melaju ke semifinal Liga Europa. Sayangnya musim lalu berujung pahit untuk mereka, setelah dikalahkan Sevilla dengan skor 1-2, yang lantas jadi juara.

“Semoga saja (tidak gagal lagi di semifinal). Anda tahu, ketika Anda mencapai semifinal, hal itu wajar terjadi. Anda bermain menghadapi tim-tim bagus. Kami menghadapi beberapa tim bagus, tapi kami lantas berkesempatan lagi melaju ke final. Saya melihat determinasi, sikap para pemain yang ingin membawa tm ini melangkah ke final,” kata Solskjaer kepada BT Sports.

Solskjaer amat menantikan pertandingan menghadapi Roma. Baginya kemenangan atas skuad asuhan Paulo Fonseca itu bakal membawa timnya semakin dekat ke trofi juara Liga Europa.

“Kami sudah ke semifinal. Kami sangat menantikannya.  Rasanya ini pertemuan Eropa yang pantas karena Roma adalah klub dengan sejarah panjang. Kami sudah pernah meraih hasil baik melawan tim-tim Italia sebelumnya. Apabila kami bisa mengakhiri musim dengan trofi, maka itu akan luar biasa,” ujarnya.

Dia juga menyoroti bintang AS Roma, Edin Dzeko. “Saya tidak banyak menyaksikan mereka, saya tahunya mereka bermain bagus di dua laga kontra Ajax. Mereka bertahan dengan baik, seperti tim-tim Italia pada umumnya. Kami sudah paham Edin Dzeko, sehingga setiap bola di kotak penalti bakal sangat berbahaya,” kata  Solskjaer.

Terkait duel dengan Roma di semifinal, Solskjaer pun mengenang jauh sebelum ini, sekitar 14 tahun lalu, saat masih bermain untuk MU. Saat itu timnya bertemu Roma di babak perempatfinal Liga Champions 2006/2007.

MU yang kalah 1-2 di leg pertama akhirnya lolos setelah membantai Roma 7-1 pada leg kedua di Old Trafford. Solksjaer saat itu bermain sebagai cadangan dan masuk di menit ke-61 menggantikan Ryan Giggs.

Tampil 29 menit, Solskajaer tak membuat gol maupun assist. Bintang lapangan kala itu adalah Ronaldo yang bikin dua gol dan Giggs dengan empat assist. Solskjaer sendiri membuat assist saat Manchester United tumbang di Olimpico.

“Kami kalah di laga tandang tapi anehnya, manajer Sir Alex Ferguson saat itu sangat senang usai kekalahan. Saya heran, dia tidak pernah sedih itu usai kekalahan. Dia sangat pede kalau kami akan menang di kandang karena kami sangat berpengalaman.. Kami harus memaksimalkan laga kandang. Kami punya kans ke final. Hari ini, well done. Disiplin, profesional, dan tidak panik ketika ditekan,” ujar  Solskjaer.

Leg pertama semifinal Liga Europa musim ini dijadwalkan berlangsung pada 30 April. Sementara itu, leg kedua digelar satu pekan sesudahnya.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp