MU Sangat Berharap Manchester City Terpeleset

Pemain Manchester United saat mengalahkan Burnley. (Ft ist)

MANCHESTER –  Manchester United  (MU) berhasil mengalahkan Burnley 3-1 dalam lanjutan Liga Inggris, yang berlangsung di  Old Trafford, Minggu (18/4) malam WIB.

Semua gol terjadi di babak kedua. The Red Devils membuka keunggulan lebih dulu lewat Mason Greenwood, yang dengan cepat dibalas James Tarkowski. MU kembali unggul di menit ke-84 lewat gol kedua Greenwood. Edinson Cavani membuat Setan Merah menang 3-1 lewat gol di injury time.

Dalam laga itu  Greenwood  menjadi bintang kemenangan Setan Merah. Ia  kembali menunjukkan performa bagus. Manajer Ole Gunnar Solskjaer  mengatakan sudah  memberikan posisi terbaik dan tepat bagi pemain 19 tahun itu.

“Fantastis, dua gol yang sangat bagus datang dengan sepakan kaki kiri di momen itu. Saya merasa bahwa posisi terbaiknya itu saat bisa lebih bebas di sisi kanan, menghadap gawang, dan dia menunjukkan itu hari ini,” kata Solskjaer di BBC.

Ia tetap mengingatkan pemainnya untuk selalu fokus di laga-sela selanjutnya.  “Kami selalu bilang di tahun ini selalu harus ada kemajuan dan peningkatan. Kami sudah meraih poin sebanyak musim lalu, itu kemajuan. Kami ingin menyudahi musim dengan trofi di Liga Europa, kami masih harus banyak menjalani laga dan masih harus fokus pada banyak hal,”  kata  Solskjaer

Bagi Greenwood, ini merupakan gol kelimanya dalam enam pertandingan terakhir bersama MU. Secara keseluruhan, pemain nomor 11 ini sudah menyumbangkan 9 gol dan 6 assist untuk The Red Devils di semua ajang musim ini.

Greenwood berharap Man City terpeleset hingga bisa terus memperbesar peluang The Red Devils menjadi juara di akhir musim. “Anda tidak pernah tahu secara pasti, mereka mungkin saja terpeleset, kami harus berkonsentrasi pada laga-laga berikut. Apa pun mungkin, semoga mereka (Man City) membuang poin, tetapi kami harus tetap fokus pada pertandingan kami sendiri,”  kata Greenwood kepada Sky Sports:

Dalam laga itu penampilan Edinson Cavani pun mendapatkan sanjungan.  Ia masuk pada awal babak kedua. Kehadirannya membuat MU tampil lebih berbahaya. MU memecah kebuntuan pada menit ke-48 via Greenwood.

Khusus untuk  gol Cavani, prosesnya dalam sebuah situasi serangan balik,  ia dengan cepat mengirim bola ke Greenwood ke sisi sayap kanan.  Menyerang dengan 4 orang, MU menunjukkan pergerakan dinamis. Greenwood mengirim bola ke Bruno Fernandes, yang diteruskan ke Donny van de Beek.

Pemain Belanda itu memberi umpan matang ke Cavani, yang diselesaikan dengan mudah dari muka gawang Burnley. BBC mencatat bahwa Cavani sudah mencetak 4 gol sebagai pemain pengganti. Di MU, dia cuma kalah dari Solskjaer (1998/1999) dan Javier Hernandes (2010/2011). Solskjaer dan Hernandez mencetak 5 gol saat bermain sebagai pengganti.

Eks pemain Liverpool Stephen Warnock pun memuji Cavani. Kerja El Matador dinilai luar biasa. “Serangan balik terbaik dari Manchester United, kerja yang luar biasa dari Edinson Cavani untuk memulai serangan. Penguasaan bola bagus di sisi kanan dan betapa cepat mereka memindahkannya ke sisi lain lapangan. Ke Bruno Fernades, umpan lanjutan yang baik ke Donny van de Beek yang tak serakah mengumpannya ke Cavani,” kata Warnock di BBC.

Hasil  in tentu bukan cuma bikin Manchester United tambah konsisten dengan lima kemenangan beruntun di Liga Inggris, tapi juga memantapkan posisi di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 66 poin.

MU kini tertinggal delapan poin dari Manchester City yang punya 74 poin di papan klasemen Liga Inggris. Kedua tim sama-sama sudah memainkan 32 pertandingan, atau dengan kata lain masing-masing menyisakan enam laga sisa. Masih ada 18 poin maksimal yang mereka perebutkan.

 Man City  selanjutnya akan menyambangi markas Aston Villa, Kamis (22/4) dini hari WIB. Sementara MU baru akan menjalani laga berikutnya di hari Minggu (25/4) dengan melawat ke markas Leeds United.

Dari enam laga sisa kedua tim, baik the Citizens maupun the Red Devils sama-sama masih menyisakan laga yang potensial tricky. Man City, misalnya, masih harus menjamu Chelsea. Sementara Manchester United bakal kedatangan Liverpool. Sementara Burnley duduk di posisi ke-17 atau satu tingkat dari zona degradasi dengan 33 poin.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp