Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

MU Mulai Berpacu Mengejar Trofi

Aksi Marcus Rashford (tengah) saat melawan Bournemouth.

MANCHESTER – Manchester United (MU) membuka tahun 2023 dengan kemenangan. Dalam laga di Old Trafford, Rabu (4/1) dinihari WIB,  Setan Merah melibas Bournemouth 3-0, lewat gol  Casemiro di menit ke-23, lalu Luke Shaw pada menit ke-49 dan Marcus Rashford pada menit ke-86.

Tambahan tiga poin membuat MU kukuh di posisi keempat klasemen Liga Inggris dengan 35 poin, unggul lima poin dari Tottenham Hotspur di posisi kelima dan tujuh poin dari Liverpool di urutan keenam. Bournemouth tertahan di posisi ke-15 dengan 16 poin.

Walau menang,  manajer MU  Erik ten Hag tidak sepenuhnya puas dengan kemenangan timnya. Sebab, David de Gea harus bekerja keras mengamankan gawangnya.

Kiper asal Spanyol ini harus bikin empat penyelamatan dari total tujuh percobaan yang dilakukan The Cherries. Salah satu penyelamatan gemilang De Gea adalah saat terbang menepis tembakan Jaidon Anthony di menit akhir laga.

“Kami membuat gol-gol yang sangat dan saya rasa harusnya kami bisa mencetak gol lebih banyak, tapi kami juga bisa saja kebobolan satu atau dua gol. Saya tidak suka dengan hasil ini karena David harus membuat banyak penyelamatan gemilang. Kami harus bermain lebih pintar dan itulah PR kami selanjutnya,” ujar Ten Hag di BBC Sport.

Pujian untuk ketangguhan De Gea di bawah mistar MU juga datang dari Luke Shaw. Ia merasa hasil bagus MU lawan Bournemouth ini tak lepas dari peran besar De Gea.

“Itu adalah hasil yang sangat bagus. Kadang-kadang kami sedikit ceroboh dan kecolongan tetapi David (De Gea) luar biasa dan melakukan sejumlah penyelamatan yang sangat bagus untuk menjaga clean sheet dan tiga poin penting yang kami butuhkan,” jelas Shaw.

Yang juga mendapat pujian adalah penampilan Marcus Rashford. Ia  sedang panas-panasnya atau on fire selepas jeda Piala Dunia 2022. Rashford bikin empat gol di empat laga terakhir di seluruh kompetisi.

Rashford diplot sebagai penyerang sayap kiri oleh Ten Hag. Meski begitu, Rashford seolah punya kebebasan untuk menusuk dari sisi mana saja.

Terkait performa gemilang Rashford, Ten Hag mengaku tidak ada formula rahasia. Hanya saja, Ten Hag sempat memberikan petuah untuk pemain berusia 25 tahun itu.

“Rashford terus menampilkan performa gemilang. Saya sudah bilang kepadanya sebelum musim dimulai, percayalah untuk mencetak gol karena mereka selalu bisa membuat peluang. Fokus dari menit pertama sampai akhir, peluang dan gol akan datang,” kata Ten Hag.

Hasil ini menandai kemenangan keempat berturut-turut MU di Premier League sejak tumbang di markas Aston Villa pada awal November. Alhasil, Bruno Fernandes dkk kini solid di urutan empat klasemen dengan perolehan 35 poin, sama dengan Newcastle United (3) tapi memiliki satu pertandingan lebih sedikit.

Tapi Ten Hag menolak membicarakan tentang kans juara timnya. Namun, bukan berarti mustahil jika MU terus membuat progres. “Itu adalah sebuah langkah besar! Tidak, kami harus menjalani satu pertandingan ke pertandingan lainnya dan mendapatkan kemajuan,” kata Ten Hag.

Sementara Marcus Rashford mengaku senang dengan performanya bersama MU sejauh ini. Ia pun bertekad untuk tampil dengan performa terbaik hingga akhir musim. “Saya kira keyakinan kami terus  tumbuh, itu adalah sebuah sinyal yang bagus. Bagus memiliki perasaan itu. Tetapi sekarang masih Januari. Kita bahkan belum sampai pada separuh musim. Yang bisa kami lakukan adalah bermain baik di setiap laga,” kata Rashford di situs klub.

 Manchester United sudah menjalani empat laga setelah Cristiano Ronaldo pergi. Hasilnya empat kali menang, belum kebobolan, dan cetak sembilan gol. Manchester United sudah berpisah dengan Ronaldo di akhir November kemarin. CR7 diputus kontraknya dan berlabuh ke klub Arab Saudi, Al Nassr.

Selepas Ronaldo pergi, Manchester United sudah jalani empat laga di seluruh kompetisi (juga selepas jeda Piala Dunia 2022). Dilansir dari BBC, hasilnya MU menang terus.

Rinciannya, MU menangi tiga laga di Liga Inggris dan satu laga di Carabo Cup. MU sembilan kali mencetak gol, tanpa kebobolan.

Itu artinya Rashford sudah menjadi andalan utama Teg Hag untuk lini serang Manchester United.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media