International Media

Senin, 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022

MU Bakal Sulit Finis Empat Besar

Tendangan Anthony Gordon (kiri) jadi mimpi buruk bagi Manchester United.

LIVERPOOL – Upaya Manchester United (MU) mengejar posisi empat besar mendapat ganjalan di markas Everton. Bermain di Goodison Park, Sabtu (9/4) malam WIB, kedua tim sama-sama butuh kemenangan usai tersandung di laga sebelumnya.

MU yang tampil dominan kebobolan oleh gol Anthony Gordon pada menit ke-27. Tendangan Gordon dari luar kotak penalti sempat membentur Harry Maguire dan mengecoh David de Gea.

Setan Merah sendiri menguasai permainan dengan 67% ball possession, berbanding 33% milik Everton. MU juga lebih agresif dengan membuat 12 percobaan (4 on target), namun kesulitan di sepertiga akhir lapangan. Everton hanya melahirkan total tujuh percobaan (3 on target), tapi sukses mengonversi satu peluangnya menjadi gol.

Kekalahan dari Everton turut mengikis peluang Manchester United untuk berlaga di Liga Champions musim depan. The Red Devils terpaku di urutan tujuh klasemen dengan 51 poin dari 31 pertandingan, terpaut enam poin dari Tottenham Hotspur di empat besar.

Manajer interim Manchester United Ralf Rangnick mengakui, timnya sulit finis empat besar di akhir musim nanti.  “Sulit. Selama kami tidak memenangi pertandingan kami sendiri maka tidak masuk akal untuk mengharapkan hasil bagus dari tim-tim lain. Kami tadi memiliki sebuah start yang bagus di 25 menit pertama, kami sepenuhnya mengendalikan permainan. Meski begitu kami tidak mengambil keuntungan dari periode ini, terutama di sayap kiri,” kata manajer berusia 63 tahun itu dilansir Sky Sports.

Kekalahan ini memunculkan sebuah statistik memalukan buat Rangnick.
Ini adalah kekalahan kedua MU dalam lima pertandingan terakhirnya di Liga Inggris. Hanya satu kemenangan yang bisa diraih Cristiano Ronaldo dkk di dalam laju tersebut.

Adapun yang lebih buruk adalah Manchester United cuma delapan kali menang dalam 17 pertandingan Premier League selama dilatih Rangnick. Ini berarti MU hanya memenangi 47%, jumlah presentase kemenangan terendah klub di bawah manajer manapun di kompetisi ini.

“Bukan hanya kreativitas. Saya kira kami punya pemain-pemain kreatif yang cukup di atas lapangan. Ini tentang kuat secara fisik di sepertiga akhir, kuat secara fisik dan mencoba mencetak sebuah gol. Kami tidak memiliki pemain yang cukup di kotak penalti,” kata Rangnick.

MU sebenarnya diunggulkan menang mengingat Everton lagi dalam tren buruk karena berada dekat dengan zona degradasi. Ditambah, Everton cuma menang sekali dari 13 pertemuan terakhir dengan MU. MU yang butuh kemenangan demi mengejar empat besar bermain menyerang sejak menit awal.

Kiper MU, David de Gea menyebut penampilan timnya memalukan. Ia tak habis pikir dengan penampilan MU sepanjang 90 menit.

“Sebelum laga, kami tahu betapa sulitnya pertandingan ini. Kami tidak bisa mencetak gol, kami bahkan tidak bisa membuat peluang bersih untuk membuat gol. Jujur saya tidak tahu harus berkata apa. Kami memang tidak cukup bagus pastinya. Sulit rasanya untuk finis empat besar. Menyedihkan kalah seperti ini. Kami harusnya menang. Benar-benar memalukan,” ujar De Gea kepada BT Sport.

Cristiano Ronaldo begitu kesal lalu terlibat insiden dengan pendukung Everton. Saat berjalan menuju lorong, penyerang Portugal itu terlihat menjatuhkan sesuatu, yang diduga handphone, milik penggemar Everton.

Namun Ronaldo akhirnya meminta maaf. Ronaldo membuat unggahan di media sosialnya, Minggu (10/4) dinihari WIB, beberapa jam usai laga. Ia bahkan ingin menebus kesalahannya, dengan mengundang sang penonton ke Old Trafford.

“Tidak pernah mudah menghadapi emosi di saat-saat sulit seperti yang sedang kami hadapi. Namun demikian, kami harus selalu menghormati, sabar, dan memberi contoh kepada semua anak muda yang menyukai permainan indah. Saya ingin meminta maaf atas kemarahan saya dan, jika memungkinkan, saya ingin mengundang pendukung ini untuk menonton pertandingan di Old Trafford sebagai tanda fair-play dan sportivitas,”  tulis Ronaldo.

Manajer  Everton, Frank Lampard tentu merasa senang dengan hasil terebut. “Ini hasil yang menyenangkan. Para pemain sudah melakukan segalanya untuk meraih kemenangan. Masih ada beberapa laga jelang akhir musim, kami berusaha untuk sejauh mungkin menghindari zona degradasi,” kata  Lampard di situs klub.

Saat ini, Everton berada di urutan 17 klasemen dengan nilai 28, empat tingkat dari posisi juru kunci.

Hasil laga lainnya adalah Newcastle United 1-0 Wolverhampton,  Watford 0-3 Leeds United, Southampton 0-6 Chelsea,  Arsenal 1-2 Brighton & Hove Albion dan Aston Villa 0-4 Tottenham Hotspur.***

Vitus DP

Komentar