Jumat, 9 Desember 2022

Jumat, 9 Desember 2022

MotoGP Thailand Milik Oliveira

Miguel Oliveira, Pebalap KTM.

BURIRAM – Miguel Oliveira tampil sebagai pemenang MotoGP Thailand 2022. Rider KTM itu mengungguli dua pebalap Ducati, Jack Miller dan Francesco Bagnaia yang berlangsung di Chang International Circuit, Minggu (2/10) sore WIB.

Jalannya lomba  sempat mundur karena hujan deras. Start yang dijadwalkan pukul 15.00 WIB mundur 55 menit.

Oliveira start dari posisi ke-11 mengambil alih pimpinan balapan dari Jack Miller di lap 14. Ia mampu mempertahankannya sampai balapan selesai. Francesco Bagnaia finis di urutan ketiga. Sang juara dunia Fabio Quartararo cuma finis di urutan ke-17.

Quartararo pun tidak dapat poin, keunggulannya di klasemen MotoGP pun terpangkas. Rider Monster Energy Yamaha itu masih terpaku di 219 poin dan cuma unggul dua angka atas Bagnaia.

Dalam lomba tersebut, sejumlah pebalap sempat melebar tak lama setelah balapan dimulai, termasuk Marco Bezzecchi yang start terdepan. Meski demikian, rider Mooney VR46 Racing Team itu tetap mampu mempertahankan posisinya.

Sementara itu, Quartararo mengawali balapan dengan buruk. Start keempat, Quartararo melorot sampai posisi ke-17. Bezzecchi yang melebar di turn 1 harus turun satu posisi. Jack Miller pun mengambil alih posisi terdepan di lap keempat.

Oliveira terus merangsek hingga melewati Francesco Bagnaia untuk menempati posisi kedua. Rider KTM itu terus mendekati Jack Miller. Oliveira terus membuntuti Miller. Sementara itu, Aleix Espargaro mendapat hukuman long lap penalti setelah menyenggol Brad Binder.

Upaya Oliveira untuk melewati Miller akhirnya membuahkan hasil di tikungan terakhir di lap 14. Oliveira perlahan melebarkan jarak dari Miller.

Posisi 10 besar di MotoGP Thailand 2022 adalah  Miguel Oliveira, Jack Miller, Francesco Bagnaia, Johann Zarno, Marc Marquez, Enea Bastianini, Maverick Vinales, Alex Marquez, Jorge Martin dan  Brad Binder.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga