Molor, Planter Box di Jalur Sepeda Permanen Sudirman -Thamrin Baru Terpasang 12,5 Persen

Jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin.


JAKARTA – Planter box atau pembatas jalur sepeda permanen Sudirman –Thamrin baru terpasang 500 biji. Jumlah ini masih jauh dari target 4.000 planter box yang direncanakan sudah terpasang pada akhir Maret 2021.

“Kalau kita lihat, bahwa sekarang ini yang sudah terpasang planter box hanya sekitar 500 planter box,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudi Saptari, saat dihubungi wartawan, Selasa (30/3).

Menurut Rudi lambatnya pemasangan pembatas jalur permanen untuk sepeda itu lantaran masih dilakukan uji coba secara terus menerus.

Rudi mengatakan, hingga saat ini pihaknya bersama Dirlantas Polda Metro Jaya masi melakukan kajian agar ketika pelaksanaan nanti bisa berjalan dengan matang dan lancar. Sementara pembatas permanen yang belum dipasang digantikan dengan pembatas jalan kerucut atau traffic cone.

“Sambil kita melihat bagaimana nih pola pergerakan lalu lintasnya,” kata Rudi.

Sebenarnya menurut Rudi, pembatas jalur sepeda permanen sudah tersedia, cuman belum dipasang saja.

“Secara fisik itu sudah (ada) mencapai 4.000-an di pabrikasi, tinggal nanti finishing,” kata Rudi.

Rudi mengatakan, Dishub DKI Jakarta dan Dirlantas Polda Metro terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Sehingga pada pelaksanaan nanti bisa lebih efektif,” ucap Rudi.

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta berencana memasang planter box sebagai pembatas jalur sepeda permanen di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Jalur sepeda sepanjang 11,2 kilometer dengan lebar 2 meter direncanakan rampung akhir Maret 2021. “Jalur sepeda juga akan dilengkapi dengan fasilitas rack sebagai rest area pesepeda,” tulis akun instagram resmi Dishub DKI Jakarta @dishubdkijakarta, 1 Maret 2021.***

Osmar Siahaan

Osmar Siahaan

Tulis Komentar

WhatsApp