Warning: unlink(C:\xampp\htdocs/wp-content/uploads/wpo/images/wpo_logo_small.png.webp): Permission denied in C:\xampp\htdocs\wp-content\plugins\wp-optimize\vendor\rosell-dk\webp-convert\src\Convert\Converters\BaseTraits\DestinationPreparationTrait.php on line 73
Mobil-Motor Parkir di Bahu Jalan, Lalin di Tebet Eco Park Macet - International Media

International Media

Senin, 3 Oktober 2022

Senin, 3 Oktober 2022

Mobil-Motor Parkir di Bahu Jalan, Lalin di Tebet Eco Park Macet

Kemacetan lalin di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan akibat parkir.

JAKARTA- Jalan di depan pintu selatan Tebet Eco Park di Jakarta Selatan (Jaksel) macet, imbas sejumlah mobil pribadi parkir di bahu jalan. Sementara separuh jalan tersebut dipadati parkiran motor.
Pantauan di Tebet Eco Park, Kamis (5/5) tepatnya di depan pintu masuk bagian selatan Jl Tebet Barat, sekitar pukul 13.05 WIB aktivitas lalu lintas tampak tersendat.
Deretan motor pengunjung taman terparkir pada separuh ruas jalan tersebut. Mobil pun terlihat kesulitan melintas karena berpapasan dengan mobil lainnya.
Tampak pengendara motor melambaikan tangannya mempersilakan mobil di depannya melintas lebih dulu. Terlihat setiap mobil berjalan pelan karena penuhnya sisi jalan.
“Macet-macet ibu, bapak, terus-terus” kata pengendara motor sambil melambaikan tangannya.
Seorang pedagang di trotoar pintu selatan, Agus Purwanto (46) mengatakan Jalan Tebet Barat merupakan jalur dua arah. Namun, terbatasnya lokasi parkir sehingga motor pengunjung terparkir di bahu jalan membuat lalin terkadang macet.
“Kalau macetnya ini karena apa ya kendala parkir kita itu terbatas sekali, jadi ini kan dua arah nah dua arah itu. Jadi ini seakan-akan dua arah tapi cuman satu, jadi ada dari arah sana sama arah sini bentrok,” kata Agus.
Agus mengatakan sempat ada pengemudi mobil yang protes dengan pengemudi mobil lainnya saat macet. Dia menyebut saat terjadi kemacetan, juru parkir hingga pamdal Tebet Eco Park membantu mengaturnya.
“Tapi pas ego-nya keluar, sesama yang punya mobil ego-nya keluar masalah di sini, kayak tadi nih contohnya, dia udah mau parkir arah ke utara cuma kehalang sama motor karena jalurnya jalur masuk ke arahnya dia ya, jadi ada clash sedikit ya, tapi bisa diredain sih tadi,” tuturnya.

Warga Bingung Cari Parkiran

Sejumlah warga yang mengendarai mobil juga sempat kebingungan mencari parkiran saat berkunjung ke Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. Salah satunya Muhammad Ali (39), yang mengaku sempat memutari area Eco Park untuk mencari parkiran yang kosong.
“Nyari parkiran sempat bingung ya, agak muter-muter. Saya tadi mau parkir di pinggir jalan,” kata Muhammad Ali di area parkiran Tebet Eco Park, Kamis (5/5).
Ali mengatakan belum mengetahui adanya parkiran di dalam area Tebet Eco Park. Dia mengaku sudah diwanti-wanti temannya bahwa di Eco Park bakal sulit mencari parkiran.
“Belum tahu (kalau ada parkiran di dalam area Tebet Eco Park). Soalnya, kan dari informasi dari teman-teman, parkiran agak susah gitu. Kalau mau, di pinggir jalan gitu, ternyata di dalam sudah disediakan tempat buat parkir mobil dan motor,” tuturnya.
Ali menjelaskan belum sempat memarkirkan motornya di luar atau di sepanjang bahu jalan, terus dapat  info masih dari teman-teman yang pakai motor suruh parkir di dalam saja, lebih aman. (Pas sampai di parkiran Eco Park) langsung dapat, alhamdulillah,” tuturnya.
“Karena kalau di dalam itu untuk keamanannya sudah pasti terjamin dibanding parkir di luar gitu. Untuk risiko untuk mobil kenapa-kenapa ya itu sangat riskan gitu, di dalam lebih aman,” sambung Ali. ***

Prayan Purba

Komentar

Baca juga