Wednesday, 08 February 2023

Wednesday, 08 February 2023

Mitratel Akuisisi Fiber Optik Milik SCKP dan TIS

JAKARTA  – PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel), sebagai anak usaha PT Telkom, kembali melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi kabel fiber optik sepanjang 6.012 km milik PT Sumber Cemerlang Kencana Permai (SCKP) dan PT Trans Indonesia Superkoridor (TIS).

“Akuisisi fiber optik menjadi salah satu langkah yang tepat dalam mendukung percepatan proses fiberisasi yang juga merupakan bagian dari percepatan menuju adopsi 5G yang menjadi target utama Mitratel dalam beberapa tahun ke depan sebagai upaya untuk mendukung kedaulatan digital Indonesia,” ujar Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara,  Jumat (23/12).

Teddy, sapaan akrab Theodorus  mengatakan,  Mitratel telah melakukan penandatanganan perjanjian pengikatan jual beli aset fiber optik antara Mitratel sebagai pembeli, dan SCKP serta TIS sebagai penjual. Fiber optik yang diakuisisi sepanjang 6.012 km itu tersebar di 86 kota dan kabupaten di Indonesia yang menghubungkan 2.436 tower.

Penandatanganan perjanjian jual beli atau sales and purchase agreement (SPA) akuisisi fiber optik telah dilaksanakan pada 19 Desember 2022.

Aksi pembelian fiber optik yang merupakan bagian dari proses fiberisasi diyakini akan berdampak positif pada kinerja dan transformasi Mitratel menuju Digital Infraco.

Akuisisi fiber optik juga berpotensi membuka peluang bisnis baru sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Mitratel menargetkan menjadi perusahaan infrastruktur digital terkemuka (digital infraco) pada 2023 lewat penguatan infrastruktur layanan jaringan 5G yang salah satunya melalui proses fiberisasi.

Melalui aksi ini juga diharapkan Mitratel dapat meneruskan momentum dalam kelanjutan komitmen memperkuat pengelolaan aset dan lini bisnis yang dapat mendorong pertumbuhan kinerja organisasi yang lebih ideal, produktif, efektif, dan efisien.

Mitratel akan terus memperkuat nilai tambah perusahaan di setiap fokus inovasi produk dan layanan yang dihadirkan baik secara organik maupun inorganik.

Akuisisi ini merupakan bukti komitmen Mitratel untuk tetap menjadi yang terbesar dan terlengkap serta memberi kemudahan bagi operator telekomunikasi dalam mengembangkan jangkauan layanannya.

Saat ini, Mitratel telah menjadi yang terbesar, terlengkap dan terluas jangkauannya di Indonesia. Penambahan kepemilikan fiber optik akan mempermudah operator telekomunikasi untuk melakukan ekspansi layanannya dimanapun lokasinya karena Mitratel juga telah memiliki layanan konektivitas satelit.

“Dengan kemudahan konektivitas yang kami tawarkan, operator telekomunikasi hanya perlu menentukan lokasi yang diinginkan dan semua kebutuhan infrastrukturnya dapat dipenuhi oleh Mitratel,” kata Teddy.***

Vitus DP

Berita Terbaru

Baca juga:

Follow International Media