Misi Berat Liverpool Menghadapi Madrid

Laga Real Madrid kontra Liverpool di leg pertama lalu. (Foto ist)

LIVERPOOL – Laga seru kembali tersaji di babak perempatfinal Liga Champions, mempertemukan Liverpool kontra Real Madrid,  yang berlangsung di Stadion Anfield Kamis (15/4) mulai pukul 02.00 WIB.  

            Liverpool dituntut menang 2-0 atau selisih tiga gol  kalau kemasukan, jika ingin melaju ke babak semifinal. Pasalnya di leg pertama mereka disikat 1-3.  Gol Los Blancos saat itu dibubuhkan Vinicus Junior 2 kali dan Marco Asensio. Sementara itu, sebelum gol kedua Vinicus, The Reds mampu memperkecil ketertinggalan melalui sontekan Mohamed Salah.

Dengan demikian tuan rumah berada dalam tekanan. Sementara Real Madrid dalam kondisi diuntungkan.  Secara matematis, Los Blancos hanya butuh hasil imbang

Akan tetapi, Liverpool bukan lawan yang bisa diremehkan. Jawara Liga Champions 2018/2019 tersebut bakal mati-matian bermain di kandang sendiri.

“Kami tidak pantas mendapatkan lebih banyak (di leg pertama). Tetapi satu gol di babak kedua itu benar-benar baik-baik saja dan itu memberi kami setidaknya sebuah penyelamat,” ungkap manajer Liverpool, Juergen Klopp, dilansir laman resmi UEFA.

Ia menegaskan di leg kedua, timnya  siap memberikan performa terbaik. Mereka pernah melakukannya terhadap Barcelona.

“Apa pun yang bisa kami lakukan, akan kami lakukan. Kami membutuhkan penampilan yang sempurna di laga nanti. Saya berpikir dengan cara kami bermain dan cara Real Madrid bermain pada leg pertama, kami terlihat tidak menjanjikan, tetapi hal positifnya adalah kami bisa bermain bagus melawan Aston Villa,” ujarnya.

Bintang Liverpool, Mohamed Salah mengaku sudah siap dengan misi berat yang diusung timnya. Menurutnya, masih ada peluang bagi timnya untuk lolos ke babak semifinal.

“Kami harus bertarung habis-habisan sepanjang 90 menit nanti. Kami butuh kemenangan yang meyakinkan dengan harus mencetak banyak gol. Masih ada peluang bagi kami untuk lolos, tetapi perjuangan berat harus kami hadapi. Semua bisa terjadi di sepak bola,” kata Salah di laman resmi Liverpool

Karena menjalani puasa, Salah mengubah kebiasaannya untuk berlatih. Selama Ramadan, Salah mengubah jadwal latihan menjadi 3 dini hari, tepatnya sebelum melakukan Sahur.

Soal puasa saat pertandingan, Salah mendapatkan dukungan penuh dari sang pelatih Klopp. “Tak ada masalah kalau pemain saya puasa, saya hormati agama mereka. Mereka juga main bagus meski sedang puasa atau tidak,” ujar Klopp.

Di pihak lawan, Real Madrid diyakini bakal bermain dengan kondisi pincang. Laporan dari Liverpool Echo menyebutkan jika Real Madrid tidak akan diperkuat oleh lima bintang mereka yang harus absen.

 Kelima pemain tersebut adalah Lucas Vazquez, Dani Carvajal, Sergio Ramos, Eden Hazard dan Raphael Varane. Lucas Vazquez terpaksa harus menepi karena mengalami cedera serius dalam laga bertajuk El Clasico kontra Barcelona, Minggu (11/4) dinihari WIB.

Real Madrid sebenarnya punya bekal  positif jelang laga nanti. Usai laga leg pertama pekan lalu, tim asuhan Zinedine Zidane resmi menjadi yang jagoan El Clasico musim ini setelah mampu membungkam Barcelona di pertemuan kedua LaLiga.

Kendati demikian, Zidane sedikit was-was dengan stamina para pemainnya.  Disadur dari Marca, akibat kekhawatiran stamina para pemain, Zidane pun melakukan cara tak biasa dalam sesi latihan Real Madrid.

Pada sesi latihan bagian kedua, Senin (12/4) lalu, Zidane meminta para pemain yang tampil melawan Barcelona untuk keluar dari lapangan. Zidane menyuruh mereka bersepeda di sekitar tempat latihan.

Tujuan Zidane melakukan cara yang tak biasa ini untuk memberikan kesempatan para pemain bersantai sejenak. Cara ini diharapkan bisa menghindari kelelahan karena para staf pelatih menyadari risiko dari beban kerja yang berlebihan.

“Kami harus siap melawan Liverpool. Kami memang diuntungkan dengan kemenangan di leg pertama. Namun laga leg kedua pasti lebih berat lagi. Saya berharap bisa berjalan sesuai harapkan,” kata Zidane di situs klub.***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp