International Media

Kamis, 19 Mei 2022

Kamis, 19 Mei 2022

Misi 4 Gelar Liverpool Terusik

Trent Alexander-Arnold (kiri) berebut bola dengan Son Heung-min.

LIVERPOOL – Liverpool mendapat pukulan telak dalam upayanya mengejar titel Premier League,  setelah diimbangi Tottenham Hotspur 1-1,  di Anfield, Minggu (8/5) dinihari WIB.

Liverpool tampil dominan tapi tidak mampu membongkar pertahanan Tottenham. Bahkan tertinggal duluan di menit ke-52 lewat gol Son Heung-min. Beruntung, Luis Diaz bisa menyamakan skor di menit ke-72.

Liverpool mengambil inisiatif serangan sedari menit awal untuk menekan pertahanan Spurs. Namun, Cristian Romero dan kolega bermain kompak sehinga menyulitkan trio Mohamed Salah, Luis Diaz dan Sadio Mane untuk membuat peluang.

Punya 22 attempts, Liverpool cuma bisa bikin satu gol dari total tiga on target. Meski secara hasil mengecewakan, manajer Liverpool, Juergen Klopp setidaknya puas melihat permainan anak asuhnya.

“Saya sangat senang dengan performa para pemain dan bangga dengan mentalitas mereka yang ditunjukkan saat menghadapi lawan tangguh dengan taktik yang mereka rencanakan. Ada beberapa perbedaan di laga ini, counter press kami luar biasa. Tapi mereka mencetak gol duluan dan kami harus tetap tenang, lalu meningkatkan tekanan dan itu tantangan sulit. Memang hasilnya tidak sesuai harapan kami, tapi performanya sudah sesuai keinginan saya. Jadi saya tidak masalah,” ujar Klopp kepada BT Sport.

Liverpool kehilangan empat poin dalam dua kali pertemuan dengan Tottenham Hotspur di Liga Primer Inggris 2021/2022. Pada pertemuan pertama, 19 Desember 2021 lalu juga berakhir imbang 2-2.

Menurut Klopp, perbedaan gaya main Tottenham yang kontras dengan timnya menjadi penyebab Liverpool selalu gagal mengalahkan tim asal London Utara itu. Tottenham menjadi tim yang tidak disukai Liverpool. Gaya bermain Tottenham yang mengandalkan sepak bola reaktif sulit diatasi.

“Mereka (Tottenham) bermain dengan semua yang mereka miliki, mereka memblokir bola, mereka melakukan segalanya, mereka datang ke sini untuk sebuah hasil, saya tahu bahwa Anda berpikir rencana Tottenham berjalan sempurna. Itulah yang harus kami terima, kami memiliki rencana bermain yang berbeda tentu saja, bahkan ketika kami tandang ke Tottenham, rencana permainan kami amat berbeda, begitulah mengapa sangat sulit,” kata Klopp.

Dengan hasil ini upaya Liverpool meraih empat trofi musim ini mulai terusik.  Klopp mengakui, betapa sedihnya kondisi ruang ganti Liverpool. Tapi, manajer 54 tahun itu juga memberi pengertian ke para pemain asuhannya bahwa empat gelar dalam satu musim di Inggris merupakan suatu hal yang mustahil.

“Saya tidak senang, tapi tidak sama sedihnya seperti para pemain saat ini dan merupakan tugas saya untuk menjelaskan suatu hal ini bisa terjadi. Quadruple sangat tidak mungkin; ada alasan tak ada satu klub pun meraihnya di negara ini. Kami akan terus melangkah,” ujar manajer asal Jerman itu.

Liverpool masih akan berlaga di dua final pada musim ini. Di Piala FA, Liverpool melawan Chelsea. Mohamed Salah dan kawan-kawan akan melawan Real Madrid di final Liga Champions.

Sementara  manajer Tottenham Hotspur Antonio Conte mengaku puas melihat wajah-wajah sedih para pemain Liverpool di Anfield.   “Ini adalah langkah pertama untuk menjadi tim yang sangat bagus, Anda harus stabil, mengatasi ujian di Anfield sangat penting bagi kami, saya senang ada sedikit kekecewaan di mata mereka, karena itu berarti kami berada di halur yang benar,” kata Conte dikutip laman resmi klub.

Conte juga puas dengan penampilan anak asuhnya. Pelatih asal Italia itu menuyebut bahwa pemainnya tampil disiplin dalam bertahan, dan tenang kala membangun serangan. “Saya merasa bahwa mereka harus senang dengan penampilan mereka, saya meminta sebelum laga agar mereka kuat dalam bertahan, dan kami mempersiapkan pertandingan dengan sangat baik. Juga saya minta agar mereka berani menguasai bola, untuk menunjukkan keberanian dan kepribadian, dan setiap kami melakukan ini, kami menciptakan masalah bagi Liverpool,” papar eks pelatih Chelsea dan Inter Milan tersebut.

Dengan hasil ini Liverpool meraih poin 83 poin, terus bersaing ketat dengan Manchester City. Sementara Spurs memiliki 62 poin.***

Vitus DP

Komentar

Baca juga