Milan Lakoni Laga Krusial Lawan Liverpool

MILAN – AC Milan  akan menjamu Liverpool  pada matchday pemungkas Grup B UEFA Champions League (UCL) 2021/2022, di Stadion San Siro, Rabu (8/12) pukul 03.00 WIB. Laga  nanti sangat menentukan bagi Milan demi lolo ke 16 besar.

Hingga jelang laga ini, Grup B baru meloloskan satu tim ke babak 16 besar, yakni Liverpool. Skuad asuhan Juergen Klopp mengantongi catatan sempurna dengan menyapu bersih 5 laga.

Sementara itu, pendamping Liverpool ke babak 16 besar UCL 2021 masih akan diperebutkan oleh FC Porto (5 poin), AC Milan (4 poin) dan Atletico Madrid (4 poin). Dari ketiga tim tersebut, semuanya punya kans besar untuk lolos.

Sisa 1 slot wakil Grup B di babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 bakal menjadi rebutan. AC Milan menghadapi Liverpool yang sudah lolos, bersamaan dengan pertandingan menentukan antara FC Porto  kontra Atletico Madrid.

Jelang laga itu, performa positif diperlihatkan  Milan, dengan  memang 2-0 atas Salernitana di Liga Italia Serie A. Hasil itu membawa Rossoneri ke puncak klasemen Liga Italia yang dikuasai Napoli dalam beberapa pekan sebelumnya.

Alhasil, motivasi skuad asuhan Stefano Pioli untuk berjuang merebut tiket 16 besar UCL pun meninggi. Jelang menjamu The Reds, Pioli mengaku dapat pelajaran penting dari jumpa putaran pertama di Inggris. “Setelah menghadapi mereka musim ini, itu memberi kami sedikit lebih banyak informasi dan kami tahu apa yang akan kami hadapi,” ungkap Pioli dikutip Football Italia.

Ia mengatakan, Liverpool merupakan tim yang sulit dikalahkan. Maka, timnya harus berjuang keras di lagan anti. “Liverpool memiliki cara untuk segera melakukan umpan vertikal dan mengubah kecepatan dengan tiga penyerang. Mereka adalah salah satu tim yang bisa mengincar gelar Liga Champions musim ini. Kami ingin berada di posisi ini dan sekarang kami hanya bisa mencoba memberikan yang terbaik,” kata eks pelatih Fiorentina.

Rossoneri harus melakukan yang terbaik untuk memenangkan laga. Striker Zlatan Ibrahimovic  pun tahu apa yang akan dibutuhkan dari dia dan rekan-rekan satu timnya.

“Saya tidak percaya pada takhayul, saya lebih kuat dari hal-hal ini. Ini adalah pertandingan penting dan kami harus memainkannya sebaik mungkin dan melihat bagaimana kelanjutannya,” kata Ibrahimovic dikutip dari Sempremilan.

Zlatan Ibrahimovic sejauh ini sudah mengumpulkan enam gol dan dua assist dari sembilan pertandingan Liga Italia 2021/2022. Jumlah golnya lebih banyak ketimbang yang dicetak pemain-pemain AC Milan lainnya.

Sementara itu, Liverpool baru saja naik ke tangga runner-up Liga Inggris. The Reds mencuri 3 poin saat lawan Wolves berkat gol Divock Origi. Tambahan poin mengangkat mereka naik satu peringkat, selepas Chelsea terpleleset pekan ini karena kalah dari West Ham.

Hingga pekan 15 Liga Inggris, The Reds juga tercatat sebagai tim paling tajam dengan 44 gol. Mohamed Salah menyumbang 13 gol dan kini memuncaki daftar top skor Premier League 2021 sementara.

Patut dipertimbangkan pula bahwa Liverpool telah mengantongi 5 kemenangan beruntun pada laga terbaru di semua ajang. Dalam rentang waktu tersebut, The Reds melesakkan 15 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja.

Dalam pertemuan perdana di Anfield pada September 2021 lalu, AC Milan kalah tipis 2-3. Kendati kalah, saat itu Rossoneri menunjukkan penampilan yang impresif. Rekor head to head pertemuan saat ini masih berpihak pada The Reds yang memenangkan 3 dari 5 jumpa terakhir lawan AC Milan.

Kemenangan itu didapat secara beruntun, termasuk pada pertemuan teraktual. Adapun terakhir kali AC Milan menang lawan Liverpool terjadi pada 2007 di ajang final Liga Champions.

Walau sudah lolos ke babak 16 besar, Klopp ingin anak asuhnya tetap tampil dengan performa terbaik. “Saya ingin para pemain tetap tampil dengan performa terbaik. Melawan Milan  tentu sangat sulit, apalagi di kendang mereka. Saya berharap laga berjalan menarik,” ujar Klopp di situs klub.

Jadwal laga lainnya adalah  Grup A:  Leipzig vs Manchester City dan  PSG VS Club Brugge. Grup C:  Ajax vs Sporting CP dan Borussia Dortmund vs Besiktas.   Grup D:  Real Madrid vs Inter Milan dan Shakhtar vs Sherif. ***

Vitus Dotohendro Pangul

Vitus Dotohendro Pangul

Tulis Komentar

WhatsApp