International Media

Rabu, 5 Oktober 2022

Rabu, 5 Oktober 2022

Merajut Kebhinekaan, Teddy Sugianto Lantik Ketua INTI Bali 2022-2026 di Gapura Bhagawan PIB

Prosesi pelantikan Ketua INTI Bali 2022-2026.

TABANAN–Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa) Teddy Sugianto melantik Ketua INTI Bali 2022-2026 Dr Putu Agung Prianta, B.Eng (Hons.), MA. yang menggantikan Sudiarta Indrajaya di Gapura Bhagawan PIB (Politeknik Internasional Bali) Tabanan, Selasa (12/4).

Pada waktu yang sama dilantik pula PC INTI Kabupaten se-Bali dan PINTI (Perempuan INTI) Bali masa bakti 2022-2026.

Pelantikan PC INTI Kabupaten se-Bali.

          Prosesi pelantikan dihadiri Ratu Shri Bhagawan Natha Nawa Wangsa Pemayun, Ketua FKUB Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet yang juga Bendesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali bersama para Pemuka Agama, Para Pimpinan berbagai Organisasi lintas etnis, adat, budaya, olahraga, pariwisata, kebangsaan dan juga Mitra INTI Bali, Ketua PD INTI NTT, NTB, Jatim, Surabaya, Badung.

          Pelantikan PD Perhimpunan INTI Bali dan PC INTI se-Bali saat ini merupakan kelanjutan dari hasil Musda IV Perhimpunan INTI Bali yang telah terlaksana dengan demokratis pada 26 Maret 2022 di Hongkong Garden Restaurant yang dihadiri oleh 2 Waketum INTI Pusat dan Sekjen. 

Prosesi pelantikan PINTI Bali.

          Sedangkan tema pelantikan yaitu Gotong Royong Merajut Kebhinekaan di Era Baru demikian ungkap, Ketua Panitia Pelantikan Ketut Aryana Tan.

          Sementara itu, Ketua INTI Bali Agung Prianta mengatakan akan menjalankan visi dan misi organisasi serta  memupuk spirit INTI Bali  “menjadikan INTI Bali sebagai organisasi terdepan dalam merajut kebhinekaan”.

          INTI Bali mengedepankan pilar SIN (Sosial, Inklusif  dan Nasionalis).

“Saya akan melakukan yang terbaik, meneruskan cita-cita yang dibangun para sepepuh pendiri sebagaimana yang sudah kerjakan oleh Romo Sin dengan sangat baik” ucap Agung Prianta, dalam siaran pers tertulis.

Prosesi doa oleh Ketua FKUB Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.

          “Upaya itu agar pihaknya bisa lebih berkontribusi pada kemajuan organisasi dan bermanfaat bagi masyarakat luas menuju Bali era baru, Yuga Anyar. Namun saya tidak bisa sendiri, saya perlu support dari temen – temen juga para senior,” tambah pria yang baru saja meraih Gelar Doktor dibidang Pariwisata Unud.

          Ketua Umum INTI Pusat Teddy Sugianto merasa bangga dan gembira telah terpilih pengurus baru. Diharapkan mampu meningkatkan peran INTI kepada masyarakat.

          “Semoga di era baru ini, INTI Bali semakin menjadi yang terdepan dalam menjaga persatuan kesatuan dan semangat gotong royong kebangsaan. Sesuai dengan program bela negara INTI dalam 4 bidang ketahanan yaitu ketahanan budaya, ketahanan sosial, ketahanan sipil dan ketahanan pangan,” ujarnya.

Penampilan paduan suara PINTI dan IKBS.

          “Melalui kesempatan ini, mari kita tegaskan kembali sikap dan keyakinan INTI sebagai organisasi yang berbasis kebangsaan dan ke-Indonesiaan yang diwujudkan dalam setiap langkah dan program kerja, didasari kesadaran bahwa INTI dibentuk oleh, dan untuk Indonesia. Jaga terus persatuan dan kesatuan bangsa. Ambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional,” tambah Teddy Sugianto.

          Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Bali Dewa Made Indra menyambut baik berbagai kegiatan yang dilakukan oleh INTI Bali dalam merawat kebhinekaan, kemanusiaan dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Pengurus Perkumpulan Minnan Bali.

          Keberagaman yang dimiliki oleh Bali patut dijaga dengan baik, karena Bali sebagai cerminan bangsa Indonesia tanpa membedakan latar belakang.

          Sementara        Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan pun memberikan selamat kepada kepengurusan INTI Bali yang baru. 

          Menurutnya visi dan misi INTI Bali yang disampaikan pengurus baru sejalan dengan kabupaten Tabanan maupun provinsi.

Pengurus Perhimpunan INTI Bali berfoto bersama.

          Sebagaimana disepakati 2 jam sebelum acara, Prof Sulistyawati mewakili Pendiri dan sebagai Ketua Pengawas Minnan Bali melantik Rustam Chen sebagai Ketua Perkumpulan Minnan (Hokkian) Bali . Dalam momen sejarah ini keluarga besar INTI Bali bertambah dengan bergabungnya 5 Mitra INTI Bali yaitu Minnan Bali, PEXI Bali, Permabudhi, Pakabarbali, dan 6 Marga Bersaudara. ***

Sukris Priatmo

Komentar

Baca juga